Kumbang Peringkat 5 Implementasi Keterbukaan Informasi Publik

Kumbang Peringkat 5 Implementasi Keterbukaan Informasi Publik

Selong, Desa Kumbang, kecamatan Masbagik, Kabupaten Lombok Timur  berhasil menempati peringkat ke–5 implementasi Keterbukaan Informasi Publik tingkat nasional. Penghargaan diserahkan pada acara Apresiasi Implementasi Keterbukaan Informasi Publik kepada 10 Desa Terbaik Se-Indonesia  dalam Rangka Peringatan Hari Hak Untuk Tahu Sedunia, Selasa (28/9). Kegiatan berlangsung di ICE Jakarta.

Kepala Desa Kumbang M. Taufik didampingi Bupati Kabupaten Lombok Timur Sukiman Azmy menerima penghargaan yang diserahkan Ketua Komisi Informasi Pusat (KIP) Gede Narayana.

 Gede Narayana dalam sambutannya menyampaikan apresiasi ini merupakan bentuk komitmen terhadap keterbukaan informasi, bahwa keterbukaan informasi publik  dilaksanakan oleh seluruh lapisan masyarakat di Indonesia.

Gede juga menyampaikan terima kasih kepada Menteri Desa Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Bakti Kominfo, yang bersama KIP bersinergi  mewujudkan implementasi keterbukaan informasi publik di desa. “Setiap nilai serta setiap kebijakan kami lakukan secara objektif,” ungkap beliau.

Sementara itu, Ketua Bakti Kominfo Fadhilah Mathar yang juga hadir pada acara tersebut ikut memberi apresiasi bagi masyarakat yang sadar akan pentingnya keterbukaan informasi. Ia berharap agar masyarakat terus tekun mengelola pasokan informasinya. “Di tengah pandemi covid-19 yang tengah mendera,” kata Fadhilah “secara sadar atau tidak sadar ketersediaan informasi publik ini dapat menopang daya dukung sosial kita dalam menanggulangi pandemi,” lanjutnya. Diharapkan keterbukaan informasi publik dapat mengelola kesimpangsiuran informasi yang sering terjadi.

Wapres RI Kyai H. Ma’ruf Amin beserta sejumlah Menteri terkait juga hadir pada acara tersebut secara virtual. Kegiatan ini juga disiarkan secara langsung melalui channel YouTube Komisi Informasi Pusat.