Lotim Kejar Capaian Vaksinasi

Lotim Kejar Capaian Vaksinasi

Selong, Mewujudkan kekebalan kelompok (Herd Imunity) sedikitnya 70-80 persen masyarakat sudah harus divaksinasi. Karena itu mengejar target tersebut, Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur menggencarkan vaksinasi covid-19. Kegiatan dilaksanakan diberbagai titik. Selain itu setiap harinya vaksinasi dilaksanakan di masing-masing Puskemas dengan target 200 vaksin.

Wakil Bupati Lombok Timur H. Rumaksi Sj. meninjau pelaksanaan vaksinasi yang berlangsung di Yayasan Pendidikan Hamzanwadi Pondok Pesantren Darunnahdlatain Nahdlatul Wathan Diniah islamiyah (YPPDH NWDI) pada Selasa (21/9). Dijelaskan Wabup Vaksinasi ini merupakan kerja sama antara Pemda Kabupaten Lotim dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi NTB. Ada 10 ribu vaksin dari OJK yang didistribusikan ke sejumlah titik.

Vaksinasi ini dijadwalkan berlangsung selama dua hari dengan target 1000 dosis per-hari, sementara vaksin yang digunakan adalah sinovac. Empat Layanan Kesehatan dilibatkan dalam kegiatan ini, yaitu Puskesmas Selong, Puskesmas Denggen, Puskesmas Sikur, dan RSUD dr. R. Soedjono Selong.

Saat ini capaian vaksinasi Lombok Timur berdasarkan data dinas kesehtan provinsi NTB (per 19 September) masih berada di angka 18,32 persen untuk dosis pertama, sekitar 7 persen untuk dosis ke-dua, dan 67 persen lebih untuk dosis ke-3 (Nakes). Target keseluruhan masyarakat Lombok Timur yang harus divaksin adalah 952.470 orang termasuk anak usia 12 tahun ke atas.