Pencanangan Vaksinasi Ibu Hamil di Lombok Timur

Pencanangan Vaksinasi Ibu Hamil di Lombok Timur

Selong, Diantara 10 kabupaten yang ada di provinsi Nusa Tenggara Barat, Lombok Timur menjadi salah satu tempat untuk melaksanakan pencanangan vaksin bagi ibu hamil. “Terima kasih kepada provinsi NTB yang sudah memberikan kepercayaan kepada Lombok Timur sebagai tempat pencanangan, bukan berarti di tempat lain belum siap. Saya rasa, semua kabupaten sudah mempersiapkan hal tersebut,” ungkap Bupati Sukiman Azmy pada acara Pencanangan Vaksin Covid-19 Bagi Ibu Hamil, Selasa (14/9) di Puskesmas Aikmel kabupaten Lombok Timur.

Bupati mengimbau kepada Bumil agar kedepannya tidak hanya mengikuti vaksinasi di trimester pertama, mengingat masih ada vaksinasi berikutnya. “Ini fase vaksin pertama, dan beberapa waktu lagi akan dilanjutkan dengan vaksin fase kedua,” kata Sukiman.

Bupati berharap agar para Bumil bersabar menunggu vaksin fase kedua. Sementara bagi masyarakat lainnya Bupati juga meminta masyarakat kabupaten Lombok Timur siap mengikuti pelaksanaan vaksinasi kapanpun. Terlebih lagi vaksinasi merupakan salah satu upaya untuk mengatasi, menghadapi, dan memutus mata rantai covid-19 selain menerapkan protokol kesehatan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB yang mewakili Wakil Gubernur menyampaikan bahwa strategi pemerintah untuk memutus mata rantai covid-19 adalah dengan melakukan vaksinasi.

“Ada 37.142 sasaran Bumil di provinsi NTB. Proses vaksinasi kita kejar dan percepat bagi bumil dan menyusui,” ungkapnya. Hal tersebut mengingat Bumil termasuk kelompok yang rentan terpapar covid-19. Sasaran berikutnya adalah anak sekolah yang vaksinasinya dijadwalkan sebelum pertemuan tatap muka.

Hadir pula pada acara tersebut Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Lotim dan Tokoh Masyarakat.