PER MARET DISNAKESWAN BERHASIL KUMPULKAN SERIBU DATA PETERNAK

PER MARET DISNAKESWAN BERHASIL KUMPULKAN SERIBU DATA PETERNAK

Selong. Dari data yang berhasil dikumpulkan melalui  pendataan kartu peternak, Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan per 31 maret 2021 telah berhasil mengumpulkan seribu data peternak baik   peternak ruminansia, unggas petelur maupun unggas pedaging.  pencetakan kartu peternak dari seribu  peternak yang telah di data tersebut diperkirakan akan dicetak dalam waktu dekat.

Berdasarkan keterangan  Kabid Keswan Dan Masyarakat Veteriner Disnakeswan Lotim Hultatang,   dengan adanya kartu peternak diakui merupakan strategi untuk mengumpulkan data semua peternak, agar mudah dalam pemantauan.

 yang mana melalui kartu tersebut   semua ternak yang terdaftar akan terpantau usianya, data kepemilikan, kesehatan, maupun riwayat kehamilan. Lebih jauh dijelaskan Hultatang, salah satu keuntungan yang bisa diperoleh para peternak melalui kartu tersebut  adalah, peternak berhak   mendapatkan pelayanan kesehatan hewan.

Untuk itu guna memaksimalkan program maupun inovasi yang dilaksanakan oleh disnakeswan, diakui tidak bisa dilakukan secara mandiri, sehingga perlu dukungan dari berbagai pihak, baik dari Pemerintah Daerah maupun  Anggota Dewan.

Diharapkan dalam beberapa tahun kedepan kepemilikan kartu peternak di Lombok Timur dapat diselesaikan, yang mana jika melihat populasi ternak di Lombok Timur  diperkirakan  terdapat sekitar empat puluh ribu lebih jumlah perternak . Untuk itu petugas kesehatan baik di Dinas Peternakan  Hewan ataupun UPT di Kecamatan akan terus berupaya   maksimal melakukan pendataan .