ENAM DESA MASIH BELUM CAIRKAN DANA DESA TAHAP PERTAMA

ENAM DESA MASIH BELUM  CAIRKAN DANA DESA  TAHAP PERTAMA

Selong. Berdasarkan keterangan Kepala Dinas Pemebrdayaan Masyarakat Dan Desa Kabupaten Lombok Timur Haji Muhammad Hairi, Jumat (09/04), sampai  saat ini  tercatat enam Desa yang masih belum cair dana Ddesanya, enam Desa tersebut yaitu Desa Wanasaba Lauk,  Tetebatu, Montong Baan  Selatan,  Kotaraja  Ekas Buana Dan Desa Wakan.

Enam Desa tersebut diakui terkendala karena laporan APBDES yang masih belum rampung, untuk itu   Dinas terkait memmberikn waktu sampai awal bulan April ini,   dan diketahui  proses pencairan dana Desa tengah masuk dalam proses review di Inspektorat  dan dalam waktu dekat akan segera dilakukan  pencairan. Dikarenakan  memasuki  bulan April ini  sudah masuk dalam tahap teriwulan kedua  sehingga harus dipercepat.

Meskipun terdapat beberapa desa yang masih belum  melakukan pencairan dana Desa, akan tetapi untuk penyaluran BLT DD bulan Januari, Februari  seluruh Desa diakui telah melaksankan pencairan dan untuk  penyaluran BLT di bulan maret beberapa Ddesa telah mulai melaksanakan  penyaluran BLT DD  . Sementara untuk penyaluran BLT DD di bulan April tentunya akan dilaksankan setelah terlebih dahului Desa menyelsaikan SPJ dari bulan Januari, Februari  dan Maret.

Sementara itu terkait dnegan  penggunaan Dana Desa delapan persen yang duiperuntukkan  bagi penanganan covid 19,  dari pantauan dinas pmd sejaunh ini sebagian besar Desa  diakui telah melaksankan  himbaun tersebut, hal tersebut terbukti dengan sejak dilaksanakannnya lomba desa, dari  dua puluh lebih Desa yang mengikuti  lomba desa  rata –rata seluruh desa telah memiliki  rumah isolasi sendiri baik  dalam bentuk menyewa  rumah warga  maupun  dengan desa melakukan perbaikan gedung .