DINAS PERDAGANGAN AKAN HENTIKAN PELAYANAN LAPANGAN TERA ULANG DI BULAN RAMADHAN

DINAS PERDAGANGAN AKAN HENTIKAN PELAYANAN LAPANGAN TERA ULANG  DI BULAN RAMADHAN

 

Selong. Berdasarkan keterangan Kepala Bidang  Metrologi Dinas Perdagangan Kabupaten Lombok Timur Zulkifli,  Dinas Perdagangan  selama bulan Ramadhan akan mengehentikan sementara  pelayanan kunjumgan lapangan  tera ulang di desa, pasar maupun SPBU. Meskipun demikian Dinas terkait akan teteap membuka  pelayanana tera ulang  yang ditempatkan di kantor UPT metrologi.

Dari  ratusan sasaran penarikan PAD baik Desa, Kelurahan,  Pasar maupun SPBU,  diperkirakan hanya terdapat 70 sampai 80 desa yang dapat dikunjungi   dan saat ini  pelayanan telah dilaksanakan di  Kecamatan Suralaga.

Sementara itu untuk raupan PAD yang berhasil diraih Bidang Metrologi sampai hari ini,  tercatat empat belas juta rupiah, dari target  yang dibebankan per triwulan pertama sebesar 27 juta rupiah.  Capaian tersebut diakui memang masih rendah  jika dibandingkan dengn harapan target  yang dibebankan. akan tetapi  kondisi di lapangan dikaui tidak memungkinkan untuk mencapai target tersebut.

Selama pantauan di lapangan,  perekonomian masyarakat diakui masih kurang stabil  akibat pandemic covid 19, sehingga masyarakat yang melakukan tera ulang selama pelayanan di desa tidak banyak yang datang.  Dijelaskan Zulkifli, dalam kondisi  normal rata –rata masyarakat yang melakukan  tera ulang mencapai  70 sampai 80 persen  sementara dimasa pandemi ini  masyarakat yang datang melakukan tera ulang hanya menembus  30 sampai 40 persen.

Total  target PAD tera ulang  yang dibebankan Pemerintah di tahun ini diketahui seratus lima  juta  rupiah lebih. Untuk menyiasati   hal tersebut   perindag dikui menyasar  tempat –tempat yang memang memiliki potensi PAD cukup besar seperti tera  ulang di Pasar dan SPBU. Sementara untuk kunjungan ke desa, petugas menetapkan di satu titik wilayah yang memang berpotensi banyak penduduknya yang membutuhkan jasa tera ulang. SW