5 DESA TELAH LAKSANAKAN PENANAMAN PAKAN TERNAK

5 DESA TELAH LAKSANAKAN PENANAMAN PAKAN TERNAK

 

Selong. Berdasarkan keterangan Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dan Masyarakat Vetriner Kabupaten Lombok Timur Hultatang, sejauh ini sudah terdapat lima desa yang telah melakukan penanaman pakan ternak. Penanaman pakan ternak dimaksudkan untuk memperkuat bank pakan ternak  yang terdapat di desa, sehingga masyarakat peternak yang terdapat di desa tersebut tidak kesulitan mendapatkan pakan .

Lima desa yang telah melaksanakan program tersebut diantaranya Desa Darmasari, Terara,  Perigi  dan dua desa lainnya. Jenis pakan ternak yang direkomendasikan untuk ditanam adalah lamtoro dan turi. Sampai saat ini kelima desa yang telah melakukan penanaman pakan hijauan ternak diakui telah berhasil dan berjalan dengan baik.

 

Ia menmabahkan  desa merupakan  target utama Disnakeswan untuk tempat penanaman hijauan pakan ternak, akan tetapi masih banyak desa  yang belum mengetahui manfaat dari kedua jenis pakan teresebut, sehingga tidak semua desa  mampu menyerap informasi tersebut. Untuk itu dibutuhkan sosialisasi dan pendekatan lebih intens lagi.   Penanaman pakan hiajaun ternak dapat memanfaatkan lahan  yang tidak terpakai, jikapun desa tidak memiliki lahan kosong atau tidak terpakai, maka penanaman dilakukan di pematang – pematang sawah milik warga atau pinggir jalan.

Perlu diketahui oleh masyarakat pakan ternak  jenis lamtoro sangat baik untuk proses penggemukan sapi karena lamtoro mengandung banyak protein  untuk ternak ruminansia.  Selain itu tumbuhan tersebut bermanfaat  sebagai pencegah erosi serta sebagai tanaman pagar hidup dan tanaman pelindung.  Sementara jenis  turi selain sebagai pakan ternak juga bisa dimanfaatkan untuk  sayur dan  dapat dikonsumsi.

Selain itu desa juga diharapkan membuat regulasi atau peraturan desa terkit potensi peternakan di desa sehingga masyarakat bisa diarahkan menanam hijauan pakan ternak  sehingga nantinya dapat memperkuat dan mendukung perkembangan ternak di Lombok Timur. SW