PEMKAB DORONG DESA JADI DESA AMAN PANGAN

PEMKAB DORONG DESA JADI DESA AMAN PANGAN

Selong. Mewujudkan Desa Pangan Aman di Kabupaten Lombok Timur terus diupayakan Pemerintah daerah guna menjamin pangan yang dikonsumsi masyarakat aman dan sehat. Sebelmunnya keberhasilan Pemerintah Kabupaten dalam membina Desa Pesanggarahan bersama Badan Pengawas Obat Dan Makanan dan Dinas Kesehatan, juga berbuah manis, dimana Desa Pesanggarahan mampu meraih juara tujuh Nasional mewakili Nusa Tenggara Barat.

Terwujudnya Desa Pangan Aman di Desa Pesanggrahan diharapkan dapat di aplikasikan Desa lain, utamanya oleh Desa Wisata. Adanya jaminan aman pangan di Desa, dikatakan Kepala Dinas Ketahanan Pengan Lombok Timur H. Masyhur, akan membuat wisatawan dan masyarakat tidak ragu dalam mengkonsumsi olahan makanan yang diproduksi di Desa yang sudah menyandang Desa Aman Pangan .

Pemkab juga rencananya akan membuat Peraturan Daerah terkait sertifikasi pangan aman asal tumbuhan, dimana pangan dimaksud terjamim bebas pestisida. Pangan aman bebas pestisida ini dinilai sangat perlu digalakkan, guna mengurangi penggunaan pestisida secara berlebihan, mengingat dampak yang ditimbulkan cukup berpengaruh dalam menggangu kualitas kesehatan. Sehingga diharapkan kedepan tumbuhan pangan di Lombok Timur bebas petisida.

Semua unsur terkait juga diharapkan dapat melakukan sosialisasi secara masif terkait penggunaan pestisida yang benar dan tidak berlebihan. Pemerintah Desa dan UPT Pertanian dalam hal ini juga harus mampu mengambil peran besar guna mewujudkan Desa Pangan Aman di masa yang akan datang. R-Z