Kunjungi Lotim, Menteri KP Janjikan Keuntungan Bagi Masyarakat

Kunjungi Lotim, Menteri KP Janjikan Keuntungan Bagi Masyarakat

Selong- Sekertaris Daerah Kabupaten Lombok Timur, H.M. Juaini Taofik,menerima kunjungan kerja Menteri Kelautan Dan Perikanan (KP) Sakti Wahyu Trenggono didampingi Gubernur Nusa Tenggara Barat di dermaga Telong-elong Desa Jerowaru, Kecamatan Jerowaru, KabupatenLombok Timur pada Rabu (24/03). Para kepala OPD  lingkup Kabupaten Lombok Timur turut hadir dalam kesempatan tersebut.

Sekertaris Daerah Kabupaten Lombok Timur menyampaikan kunjungan kerja Menteri KP kali ini bertujuan mendorong pengembangan kawasan Telong-elong sebagai sentra budidaya lobster melalui pembinaan dan pelaksanaan pembangunan kawasan perikanan budidaya yang berkelanjutan, guna meningkatkan produksi komoditas lobster di Kawasan tersebut.

Juaini menyampaikan sebagai salah satu kawasan budidaya lobster terbaik di Nusa Tenggara Barat, para pembudidaya lobster di kawasan Telong-elong nyatanya masih menghadapi beberapa kendala. Kendala tersebut diantaranya masalah olahan hasil komoditas lobster yang memerlukan pengawasan khusus agar terkelola dengan baik sehingga meningkatkan nilai jual. Hal ini terkait harga jual yang selama ini dinilai belum transparan sehingga mengurangi keuntungan yang didapat pembudidaya.

Terkait keuntungan Menteri Sakti menyampaikan rencana pengembangan budidaya pakan dimana masyarakat juga akan berperan menjadi pemasok pakan akan menjadi solusi. Menteri KP akan memfasilitasi aktifitas jual beli pakan dengan membangun sebuah gedung khusus untuk kegiatan tersebut dengan mekanisme transparansi harga bagi pemasok pakan atau masyarakat lokal. Dengan demikian tidak mengurangi keuntungan masyarakat. “Tapi jangan lupa juga perhitungkan keuntungan untuk pembeli. Karena itu dibutuhkan proses yang panjang, agar sama-sama untung”, ungkapnya. Menteri menargetkan Gedung tersebut akan selesai dalam 6 bulan ke depan.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri KP juga meninjau salah satu tambak budidaya lobster serta menadatangani perjanjian kerja sama terkait pengembangan kawasanTelong-elong Kabupaten Lombok Timur sebagai sentra budidaya lobster.