DP3AKB TENGAH SUSUN RAD PERDA PUG

DP3AKB TENGAH SUSUN RAD PERDA PUG

 

Selong.  Dijelaskan  Kepala Bidang Perempuan Dinas  P3AKB Kabupaten Lombok Timur Fathiyah, sejak bulan januari lalu Dinas terkait bekerjasama dengan Lembaga Swadaya Masyarakat dan pihak terkait lainnya melakukan penyusunan Rencana Aksi Daerah Terkait Perda Pengarusutamaan Gender yang telah di keluarkan di tahun 2020 lalu. Setelah penyususnan RAD tersebut selanjutnya akan diajukan untuk pengajuan pembuatan peraturan Bupati.

Tim penyusun  Perbup PUG melibatkan 14 orang yang terdiri dari LSM, Akademisi seperti Muhammadiyah, Nahdlatul Wathan,  Sekda, Kepala Dinas  dan beberapa perwakilan lainnya. Penyusunan RAD dijadwalkan selama sepuluh kali dan dijadwalkan disetiap hari rabu, sehingga diharapkan pada bulan maret mendatang perbup PUG dapat diterbitkan.

 

Ia menambahkan, dengan telah dibentuknya perda mupun Perbup tentang pengarusutamaan Gender, setiap opd akan mengatur anggran responsip gender untuk itu dinas terkait telah memberikan pelatihan bagi perwakilan setiap OPD agar bisa menerapkan sistem tersebut, meskipun demikian pihaknya mengaku masih mengalami kesulitan dikarenakan tenaga yang sudah dilatih disebagian OPD ada yang di pindahtugaskan sehingga  diharuskan adanya pelatihan ulang bagi  tenaga yang diganti tersebut.

Ditambahkan Fathiyah dengan adanya Perda dan Perbup Pengarusutamaan Gender, diharapkan Lombok Timur dapat berpartisipasi dalam  Anugrah Parahita Ekapraya Atau APE  yang mana ajang tersebut merupakan salah satu ajang penghargaan bagi daerah yang berhasil mencapai  kondisi kesejahteraan Gender, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak . SL