DINAS LHK LAKUKAN PEMBINAAN KEPADA PARA PENAMBANG

DINAS LHK LAKUKAN PEMBINAAN KEPADA PARA PENAMBANG

 

Selong. Maraknya penambangan galian c yang dinilai memiliki dampak negative, terus menjadi atensi Pemerintah Kabupaten untuk dilakukan pembinaan. Saat ini terdapat 44 lokasi tambang yang sudah mengantongi izin  dan diakui terdapat beberapa lokasi yang berdampak negatif terhadap sektor pertanian.

Menyikapi adanya aksi penambangan galian c yang dinilai merugikan masyarakat pada sektor pertanian tersebut, dimana kualitas air yang menjadi tidak layak, tidak hanya terjadi beberapa pekan terakhir. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Dan Kebersihan Lombok Timur  Zaidar Rohman menyebutkan, hal ini sudah terjadi beberapa kali.

Saat ini dari data yang ada pada Dinas LHK Lombok Timur terdapat 44 lokasi tambang yang sudah mengantongi izin, yang tersebar di Lombok Timur. Menyikapi keluhan masyarakat, terdapat pula beberapa titik lokasi tambang juga harus mendapat perhatian serius, agar kedepan tidak menimbulkan masalah dikemudian hari.

Melakukan pembinaan terhadap para penambang baik yang tergabung dalam asosiasi, petani dan masyarakat juga telah dilakukan dinas lhk bersama dengan instansi terkait. pPembinaan ini dimaksudkan agar kegiatan penambangan tidak menimbulkan dampak negatif terhadap sektor pertanian. pembuatan kolam tempat mencuci pasir, pembuatan tanggul dan lain sebagainya, menjadi telah pula disepakati para penambang dalam penambangan.

Jika para penambang tidak juga menaati aturan dan kesepakatan yang sebelumnya sudah disepakati tentu akan ada sanksi yang akan diberlakukan. Jika aturan-aturan yang telah disepakati sebelumnya tidak diindahkan oleh para penambang. Kadis LHK menyebutkan bahwa Pemerintah Kabupataen berhak untuk mencabut izin lingkungan yang diberikan ke penambang. RD&Z