Wisata Religi Pancor Di-launching

Wisata Religi Pancor Di-launching

Selong- Bupati Lombok Timur H.M. Sukiman Azmy meresmikan program wisata religi Makam Pahlawan Nasional Hamzanwadi di Aula Birul Walidain Universitas Hamzanwadi  Pancor, pada Kamis (28/01). Bersama Pimpinan Yayasan Pendidikan Hamzanwadi, Bupati menabuh gendang beleq sebagai tanda diresmikannya program wisata religi Makam Pahlawan Nasional Hamzanwadi. Hadir pula pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pariwisata, Civitas Akademika Unham, Dewan Pendidikan Lombok Timur, serta perwakilan OPD, TNI dan POLRI.

Bupati dalam pidatonya mengenang kembali ikatan emosional yang terjalin antara dirinya dengan Maulana Syaikh semasa hidup. Diungkapkan karomah Maulana Syaikh-lah yang membawanya pada titik dimana beliau berdiri saat ini. “Tempat ini adalah tempat yang berkah, mengandung sejarah perjuangan beliau”, ungkapnya. Karenanya, “menjadi kewajiban kita sebagai generasi penerus untuk menjaga, memelihara, melestarikan, dan meningatkan peranannya bagi masyarakat,” tambah Bupati. Bupati mengapresiasi segenap pengurus Unham dengan gagasan desa wisata religi terkait makam Almaghfurlah TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Majid.

Ketua Yayasan Pendidikan Hamzanwadi, H.M. Jamaluddin menyampaikan sejumlah hal yang menjadi fokus pengembangan wisata religi ini, diantaranya berupa kenyamanan pengunjung, ketertiban, dan ketersediaan booklet dan guide dalam beberapa bahasa sehingga memberikan nilai tambah yang lebih besar.

Pemerintah daerah berharap seluruh pihak dapat  berkontribusi menjadikan wisata religi di makam Almaghfurlah ini menjadi tempat yang membanggakan bagi semua.

Desa wisata religi ini nantinya tidak hanya bernilai religi semata akan tetapi juga menghadirkan unsur edukasi, dan tentunya diharapkan mendukung peningkatan ekonomi masyarakat sekitarnya.