AWAL TAHUN 2021 , DUKCAPIL DAPATKAN 20 RIBU LEBIH BLANKO E-KTP

Selong. Berdasarkan keterangan Kepala Bidang Layanan Pendaftaran Penduduk pada Dinas Dukcapil Kabupaten Lombok Timur Saiful Azkari, di awal tahun ini Dinas Dukcapil Lotim mendapatkan 20 ribu lebih blangko e-ktp. Blangko tersebut diakui tidak hanya berasal dari Pemerintah Pusat akan tetapi juga bantuan dari Pemerintah Provinsi, dimana masing–masing memberikan 16 ribu blangko  dari pemerintah Pusat dan 7 ribu blangko dari Pemerintah Provinsi.

Jadwal pengambilan blangko e-ktp sendiri tidak ditentukan, akan tetapi kapanpun cadangan balngko dirasa kurang maka petugas akan melakukn pengambilan. Sebanyak 20 ribu lebih blangko tersebut juga nantinya akan di bagikan kepada seluruh UPT Dukcapil yang terdapat di masing-masing Kecamatan dan juga di tempatkan di Dinas Dukcapil untuk persiapan pencetakan.

Sesuai dengan aturan yang ada  penggunaan blangko e-ktp diperioritaskan untuk pencetakan e-ktp  bagi penduduk yang belum memiliki e-ktp, yang sudah melakukan perekaman dan tinggal menunggu pencetakan. Selain itu diperuntukkan juga bagi penduduk  yang mengalami kehilangan KTP dikarenakan terjadinya bencana alam serta penduduk yang mengalami perubahan elemen data KTP.

Sementara itu mulai awal tahun ini Dinas terkait telah bergerak melaksankan beberapa kegiatan perekaman Administrasi Kependudukan baik pembuatan e-ktp, kia , kartu keluarga maupun identitas kependudukan lainnya.

Selain dengan memaksimalkan kinerja UPT Dukcapil yang terdapat di masing –masing Kecamatan ,  Dinas terkait juga turun langsung ke sekolah  maupun Desa  untuk memberikan pelayanan. Untuk  Desa –Desa yang diperioritaskan adalah Desa yang banyak memiliki  penduduk wajib KTP yang memang belum melakukan perekaman, Desa yang jauh dari akses UPTD, serta Desa yang jarang dikunjungi dalam kegiatan pelayanan. SW