Wartawan Mendukung Kemajuan Daerah

Wartawan Mendukung Kemajuan Daerah

Selong, Wakil Bupati Lombok Timur H. Rumaksi Sj, SH membuka kegiatan Ujian Kompetensi Wartawan (UKW), yang diselengarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Green Orry Hotel, Desa Tete Batu Selatan pada Jumat sore, (11/12). 

Wakil Bupati kembali menegaskan posisi wartawan sebagai salah satu elemen yang mendukung kemajuan daerah, tentunya wartawan yang professional dan memiliki kompetensi. ”Baik buruknya suatu daerah tergantung wartawan,” ungkapnya. Wabup menyebut UKW sebagai salah satu kewajiban wartawan profesional untuk menghadapi perkembangan zaman dan tuntutan masyarakat terhadap kualitas jurnalistik dan industri media massa. Wakil Bupati mendorong perusahaan pers di daerah ini untuk meningkatkan kualitas wartawannya melalui keikutsertaan pada UKW.

Wabup menyebut Pemerintah daerah kabupaten Lombok Timur senantiasa mendukung berbagai kegiatan wartawan sebagai dukungan terhadap pers di daerah ini, termasuk pelaksanaan UKW yang diselenggarakan PWI Lombok Timur. Wakil Bupati berharap wartawan di daerah ini benar-benar professional, memiliki ilmu dan memahami kode etikdan undang-udang pers.

Senada, Ketua PWI NTB H. Nasrudin dalam sambutannya menyampaikan hasil karya jurnalistik sedianya untuk membangun dan memotivasi masyarakat, tidak provokatif tapi menjadi solutif. Ia berharap hasil karya jurnalistik jurnalis Lombok Timur dapat memajukan daerah ini, bahkan berkontribusi terhadap kemajuan NTB dan Indonesia. 

Nasrudin percaya jurnalis Lombok Timur memiliki kualitas yang tidak kalah dengan daerah lainnya, terlebih dengan dukungan Pemerintah yang dinilainya sangat tinggi.

UKW bagi wartawan muda ini dilaksanakan selama dua hari dan akan menjalankan 10 tahapan yang menjadi standar UKW. Kegiatan yang diikuti 18orang peserta yang diuji langsung Wakil Ketua Dewan Pers Hendry Ch. Bangun ini merupakan UKW pertama yang diselenggarakan PWI Lombok Timur. 18 orang peserta ini merupakan wartawan yang telah bekerja minimal selama satu tahun.Pelaksanaan UKW ditarget dapat menyasar seluruh wartawan Lombok Timur dalam tahun-tahun mendatang.