BUPATI MAKSIMALKAN MATA AIR WISMA RADEN SOEDJONO UNTUK WILAYAH SELATAN

BUPATI MAKSIMALKAN MATA AIR WISMA RADEN SOEDJONO UNTUK WILAYAH SELATAN

 

Selong. Pemerintah Kabupaten bersama PDAM Lombok Timur dan Keluarga Besar Raden Soedjono akan membentuk kerjasama operasional pemanfaatan sumber mata air yang terdapat di lahan milik Keluarga Raden Soedjono Desa Tete Batu Kecamatan Sikur. Rencananya sumber mata air ini akan diperuntukkan bagi warga Wilayah selatan Lombok Timur untuk memenuhi kebutuhan air minum masyrakat.

Dijelaskan Bupati Lombok Timur H. M. Sukiman Azmy disela-sela tinjaun lapangan melihat lokasi sumber mata air, terbentuknya kerjasama ini berlatar belakang dari keinginan keluarga agar sumber mata air dimaksud dapat bermanfaat bagi orang banyak.  Adapun semua sumber mata air di atas satu hektar lahan yang nantinya ditampung dengan recervoar ini, debit airnya diprediksi mampu mencapai 50 liter per detik.

Ditambahkan Bupati, sebelumnya Pemerintah Kabupaten pernah memaksimalkan sumber mata air dimaksud pada beberapa tahun silam. namun kerjasama tersebut terputus dan akan dilanjutkan kembali pada tahun ini melalui pembentukan KSO. Saat ini sumber mata air milik Keluarga Raden Soedjono hanya diperuntukkan bagi irigasi masyarakat sekitar dan cenderung terbuang percuma.  

Bupati berharap pemanfaatan mata air di Desa Teta Batu dapat menjadi salah satu solusi mengatasi kekurangan air di wilayah selatan.  Sementara itu mewakili keluarga Raden Soedjono, H. Lalu Slamet Sahak menyambut baik kerjasama yang terjalin antara Pemerintah Kabupaten PDAM Lombok Timur dengan keluarga Raden Soedjono terkait pemanfaatan sumber mata air. Ia juga berharap dengan terbentuknya kerjasama tersebut semua pihak dapat memelihara dan mengelola sumber mata air dengan penuh rasa tanggung jawab.