PENANGANAN RUTILAHU MELALUI TRCST HARUS TUNTAS SEBELUM 2021

PENANGANAN RUTILAHU MELALUI TRCST HARUS TUNTAS SEBELUM 2021

 

Selong. Dinas Sosial Lombok Timur salurkan bantuan stimulan penanganan rumah tidak layak huni (Rutilahu) di beberapa tempat melalui Tim Reaksi Cepat Sosial Terpadu. Penanangan rumah tidak layak huni yang dikerjakan dengan sistem swakelola ditargetkan tuntas sebelum tahun 2021.

Kepala Dinas Sosial Lombok Timur H. Ahmat didampingi kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dan Penanganan Fakir Miskin dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan menyalurkan bantuan stimulan berupa uang tunai untuk penanganan rumah tidak layak huni pada Rabu sore 25 November lalu. bantuan yang diserahkan langsung ke kpm ini, pengerjaanya akan dilakukan dengan sistem swakelola dengan target pengerjaan 2 sampai 3 minggu.

Keberhasilan pengentasan kemiskinan dan penanganan rumah tidak layak huni di Kabupaten Lombok Timur dinilai tidak lepas dari peran serta semua pihak, baik dari Pemerintah Desa dan tokoh masyarakat lainya. bantuan ini sendiri dikatakan Kepala Dinas Sosial merupakan wujud kepedulian Pemerintah Daerah melalui tim reaksi cepat sosial terpadu yang dibentuk Pemerintah Daerah beberapa waktu lalu. semenjak dibentuk tercatat sudah ada empat rumah yang sudah mulai tersentuh seperti yang ada di Kecamatan Sakra, Sakra Barat dan Sukamulia. dari semua bantuan yang digulirkan ditargetkan tuntas sebelum tahun 2021 mendatang.

Sementara itu salah  seorang penerima bantuan Amaq Adi mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diterima, ia mengakui kerap dijanjikan untuk mendapat kan bantuan dimaksud namun tak kunjung di realisasikan. Amaq Adi juga berkomitmen akan menggunakan bantuan yang diberikan pemerintah dengan sebaik mungkin tanpa melewati batas waktu yang telah i tentukan.

Pada hari ini Kamis 26 November Dinas Sosial didampingi Koordinator Program Keluarga Harapan Saparuddin, kembali menyalurkan bantuan stimulan ke Rabak Dusun Batu Bangka Desa Kenggik Kecamatan Terara. bantuan berupa uang tuai yang diberikan ke KPM ini diharapkan dapat dipergunakan dengan sebaik mukin, dalam memperbaiki rumah bedek milik Inaq Rumaseh. pengerjaan rumah ini sediri nantinya akan laksanakan dengan sistem swadaya dengan diawasi TKSK dan Pemerintah Desa.

Kepala Dinas Sosial Lombok Timur juga menekankan jika bantuan yang diterima dirasakan kurang akan ditambah sesuai dengan kebutuhan.