PENATAAN EKAS DIHENTIKAN

PENATAAN EKAS DIHENTIKAN

Selong. Bupati Lombok Timur H. M. SUKIMAN AZMY menyampaikan, Pemkab Lombok Timur telah menghentikan kelanjutan penataan Kawasan Ekas yang sebelumnya telah dimulai di beberapa titik. Termasuk penataan kawasan tempat relokasi penduduk yang sebelumnya berada di wilayah yang masuk dalam rencana penataan. Namun Bupati menegaskan penghentian ini bersifat sementara, karena terkait belum disetujuinya anggaran pelaksanaan kegiatan antara Eksekutif dan Legislatif. Kegiatan ini sebelumnya dibiayai melalui dana swakelola untuk merintis beberapa titik penataan wilayah, seperti pembukaan jalan dan penyiapan tempat relokasi penduduk.

Sementara itu, menurut Wakil Ketua DPRD Lombok Timur H. Daeng Paelori, penataan kawasan Ekas dan Sembalun jangan dilakukan semata untuk mengejar perhelatan MotoGP pada 2021 mendatang. Lombok Timur harus memiliki Grand Design pembangunan kedua kawasan tersebut agar pelaksanaan pembangunan tidak dilakukan secara parsial. Dokumen seperti Rencana Induk Pembangunan Pariwisata Daerah dan Rencana Induk Sistem Penyediaan Air Minum. harus dimiliki dahulu sebagai dasar untuk mengakses program di Pemerintah Pusat untuk mendukung penataan kedua wilayah tersebut.

Wilayah Selatan Lombok Timur khususnya Kecamatan Jerowaru dan Keruak telah ditetapkan sebagai kawasan penyangga KEK Mandalika. Pengembangan dan penataan wilayah ini tengah diupayakan pemerintah untuk mendukung perkembangan KEK Mandalika. RF