PELAKSANAAN WEBINAR KPCPEN “Vaksin Aman, Masyarakat Sehat”

PELAKSANAAN WEBINAR KPCPEN “Vaksin Aman, Masyarakat Sehat”

Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) dengan tema “Vaksin Aman, Masyarakat Sehat” sukses dilaksanakan secara virtual via Zoom Meeting Rabu, (11/11). Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi dan Nasional menggelar serangkaian Webinar untuk menyampaikan berbagai informasi guna membangun pemahaman yang benar terhadap kepercayaan pada upaya penanganan Covid-19, pemulihan ekonomi nasional dan mengajak partisipan public untuk bersama-sama mewujudkan kesehatan pulih, ekonomi bangkit.

Pada webinar kali ini KPCPEN mengundang pembicara dari Kabupaten Lombok TImur. Diantaranya Kadis Kominfo Kab. Lombok Timur, Ahmad Masfu, S.E.MM  dan Kadis Kesehatan Kab. Lombok Timur Dr. Hasbi Santoso, M.Kes.

Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Lombok Timur dalam pemaparannya menyampaikan materi tentang pentingnya literasi media untuk masyakarat terutama pada masa pandemi ini, yang mana informasi simpang siur ataupun berita palsu banyak beredar. Oleh karena itu pemateri memaparkan bagaimana langkah-langkah melakukan verifikasi sebuah berita yang didapatkan melalui internet.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Lombok Timur memaparkan tentang pentingnya imunisasi lanjutan anak usia sekolah pada masa pandemic Covid-19. dijelaskannya bahwa jika pelayanan imunisasi ditunda/dihentikan, maka kesempatan anak untuk mendapatkan perlindungan dari Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I) akan berkurang. Hal ini tentunya akan meningkatkan risiko terjadinya Kejadian Luar Biasa PD3I.

“Vaksin saat ini memang sudah ada dan sedang akan dilakukan uji coba, masyarakat diharapkan bisa bersabar menunggu dan tentunya tetap menjaga diri dengan melakukan social distancing, dan menggunakan masker jika berpergian, baik didalam maupun diluar ruangan.” Jelas dr.Hasbi.

Webinar yang diikuti dari kalangan mahasiswa, ASN, Ormas Wanita, dan masyarakat umum lainnya mendapat respon yang baik dari peserta, terlihat dari antusiasme peserta yang menyampaikan berbagai pertanyaan kepada pemateri saat webinar berlangsung..

            Dengan diadakannya Webinar ini masyarakat diharapkan dapat lebih memilih serta memilah informasi yang didapatkan di Internet. Masyarakat diharapkan dapat menjadi gatekeeper sehingga, penyebaran informasi tidak benar atau hoaks bisa dikurangi transmisinya.

           

PENULIS: OZZY SYAFRIANDI