Peringatan Hari Pahlawan di Lotim

Peringatan Hari Pahlawan di Lotim

Selong, Seperti tahun sebelumnya Hari Pahlawan 10 November diperingati dengan upacara. Untuk tingkat kabupaten Lombok Timur upacara berlangsung di halaman Kantor Bupati dengan Bupati Lombok Timur H. M. Sukiman Azmy selaku Inspektur.

Membacakan amanat Menteri Sosial Republik Indonesia Jualiari P. Batubara Bupati mengajak masyarakat untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan dengan bersatu, bergotong royong mengisi kemerdekaan membangun negeri. Ia mengimbau agar tidak menyia-nyiakan perjuangan para pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa dan raganya demi bumi pertiwi. Ia juga mengajak untuk membuktikan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang tangguh, berdaya saing, penuh dengan daya kreasi yang tidak kalah dengan bangsa-bangsa lain di dunia.

Mengangkat tema "Pahlawanku Sepanjang Masa" diharapkan apa yang telah dilakukan para pahlawan dapat menginspirasi dan memotivasi bangsa Indonesia meneruskan perjuangan mereka dengan bentuk perjuangan yang sesuai dengan masanya. Saat ini Bangsa Indonesia tengah berjuang  melawan persolan seperti kemiskinan, bencana alam, narkoba, paham-paham radikal, termasuk berjuang melawan pandemi covid 19.

Peringatan ini diharapkan  memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa. Sementara itu semangat kepahlawanan dapat dijadikan sebagai motor penggerak dalam upaya mengisi kemerdekaan untuk mewujudkan cita-cita para pendiri negeri ini. Diyakini apabila setiap anak bangsa menanamkan semangat dan nilai-nilai kepahlawanan, maka kita akan dapat menyelesaikan berbagai masalah bangsa.

Menteri Sosial juga mengajak masyarakat menunjukkan kontribusi kepada bangsa dan negara dengan menjadi pahlawan masa kini yang memiliki empati untuk menolong sesama, saling menghargai dan menghormati satu sama lain.

Upacara peringatan Hari Pahlawan dalam masa pandemi covid-19 dilaksanakan dengan protokol kesehatan dan peserta terbatas.