Model Pemberdayaan Ekonomi Produktif Harus Ditingkatkan

Model Pemberdayaan Ekonomi Produktif Harus Ditingkatkan

SELONG, Bupati Lombok Timur H. M. Sukiman Azmy mengapresiasi kinerja Baznas Lombok Timur, utamanya dengan penyaluran Zakat dengan model pemberdayaan. Bupati berharap upaya ini dapat ditingkatkan dari waktu ke waktu. Bupati bahkan meminta agar penyaluran zakat kepada masyarakat dalam bentuk bantuan modal usaha ini dapat dilakukan setiap bulan. Hal itu mengingat Lombok Timur memiliki ribuan UKM yang membutuhkan bantuan permodalan dan pendanaan. Hal itu disampaikan Bupati pada acara Penyerahan Bantuan Modal Usaha kepada Mustahiq yang berlangsung Jumat (11/09) di Pendopo Bupati Lombok Timur.

Dipesankannya pula agar kelompok usaha bersama (KUBE) yang memperoleh bantuan ini mendapatkan pendampingan dan pelatihan untuk menjaga dan meningkatkan kualitas produksinya. Pendampingan dan pelatihan dapat dilakukan berkolaborasi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan. Dengan demikian tujuan pemberdayaan yang diinginkan dapat terwujud.

Kepada yang mendapatkan bantuan Bupati menitip pesan agar dapat memanfaatkan bantuan yang diberikan Baznas dengan seoptimal mungkin guna pengembangan usaha masing-masing.

Bupati juga mengingatkan pentingnya menjaga kesehatan sebagai salah satu anugrah Allah SWT. Terlebih pada masa pandemi ini. Menerapkan 4M adalah salah satu upaya untuk itu. Apalagi mulai 14 September mendatang denda bagi yang tidak mengenakan masker mulai diterapkan.

Penyerahan bantuan ini merupakan tahap III dengan nilai Rp.200 juta. Jumlah tersebut didistribusikan kepada 78 kelompok usaha. Hadir pada kesempatan tersebut Ketua DPRD Lombok Timur, serta Ketua dan pengurus Baznas Lombok Timur.