SMKN KOTARAJA CIPTAKAN ALAT SIRAM OTOMATIS

SMKN KOTARAJA CIPTAKAN ALAT SIRAM OTOMATIS

 

Salah satu Sekolah yang ada di Kecamatan Sikur yakni SMKN Kotaraja berhasil menciptakan sebuah alat siram otomatis melalui inovasi dari siswa jurusan Agro Tanaman Pangan dan Hortikultura. Ide pembuatan alat siram otomatis tersebut dilatar belakangi karena kurang efesiennya waktu dan tenaga yang dibutuhkan petani karena harus bolak balik untuk pengisian air dari lahan pertanian.

Pihak sekolah merencanakan akan melakukan pengembangan lagi agar alat tersebut bisa diproduksi massal karena alat ini dirasakan mamfaatnya cukup besar dan efektif.

Kepala Sekolah SMKN Kotaraja Salman, ST. MPd. menjelaskan jika tujuan penciptaan alat siram otomatis ini untuk memudahkan penyiraman taman ataupun pertanian dalam skala besar. Cara kerja alat ini terbilang cukup canggih karena pengoprasiaannya bisa dilakukan melalui aplikasi pada Smarphone Android untuk sementara menunggu pengembangan alat, pihaknya mengandalkan bluetooth yang terkoneksi dengan alat siram otomatis tersebut. Rencananya alat siram otomatis tersebut akan dilengkapi sensor untuk mengenal ph tanah dan melakukan penyiraman otomatis secara berkala, sesuai dengan keadaan ph tanah pada saat itu.

Salman juga mengakui jika alat siram otomatis ini disambut baik oleh Dikbud Provinsi, berdasarkan hasil publikasi yang dilakukan pihak sekolah, harga per unit alat siram otomatis ini dibandrol dengan harga kisaran satu juta rupiah, tergantung dari ukuran mesin yang diminta konsumen.

Pihak Sekolah SMKN Kotaraja berharap temuan inovasi ini diberikan dukungan agar alat siram otomatis ini mampu dikembangkan menjadi alat yang canggih dan diberikan hak paten untuk temuan alat tersebut.(Z)