PELAKSANAAN QURBAN DI MASA PANDEMI COVID-19

PELAKSANAAN QURBAN DI MASA PANDEMI COVID-19

 

Selong- Pelaksanaan pemotongan hewan qurban pada Perayaan Hari Raya Iidul Adha 1441 Hijriah,  banyak dilakukan pada sabtu 1 juli. Masjid Jami Al-Umari Kelayu salah satu masjid yang melaksanakan pemotongan hewan qurban pada hari itu. Tercatat sebanyak 40 ekor sapi yang diqurban di masjid tersebut.

Ketua panitia Masjid Jami Al-Umary Kelayu  TGH. Hudatullah mengaku jumlah hewan qurban pada tahun ini mengalami penurunan dikarenakan pandemi covid-19. Sebelumnya Pengurus Masjid menerima hewan kurban 51 ekor sapin dari masyarakat setempat. Dirinya menilai jumlah hewan qurban yang banyak ini tidak lepas dari sistem menabung yang diterapkan mulai beberapa tahun lalu. Adapun jumlah masyarakat yang mendapatkan daging kurban ini mencapai empat ribu orang, dengan masing-masing mendapatkan satu kilo daging sapi. Pemotongan sapi dilakukan dalam dua hari,  mengingat jumlah sapi yang banyak dan Panitia harus menerapkan protokol kesehatan.

Penerapan protokol kesehatan sendiri di masjid tersebut sudah dilakukan. Hal ini terlihat dari kesigapan panitia qurban untuk melakukan pengukuran suhu tubuh, membatasi kerumunan di area qurban dan memasifkan penggunaan masker sebagai upaya memutus penyebaran covid-19.

Senada dengan itu, Panitia Masjid Al-Anshor Pancor Sanggeng, Jalaludin mengakui jumlah qurban pada tahun ini mngalami penurunan. Hal ini terjadi karena kondisi ekonomi masyarakat di tengah pandemi covid-19. Namun dirinya tetap bersyukur karena masih ada masyarakat yang menyerahkan hewan kurban untuk diqurbankan. terdapat empat ekor sapi dan dua ekor kambing yang diqurban di masjid tersebut.

Dalam pelaksanaan pemotongan hewan qurban di beberapa masjid, terpantau belum menerapkan protokol kesehatan dengan baik. Salah satunya masjid Al-Anshor Pancor Sanggeng, masih ditemukan panitia qurban yang mengabaikan penggunaan masker ketika melakukan pemotongan hewan kurban, padahal Pemerintah Daerah telah mengeluarkan Himbauan penerapan protokoler kesehatan bagi Panitia qurban dan masyarakat. Zf