SHOLAT IED DAN PERAYAAN IDUL ADHA DI MASJID AGUNG SELONG BERJALAN KHUSYUK DAN KHIDMAT

SHOLAT IED DAN PERAYAAN  IDUL ADHA DI MASJID AGUNG SELONG BERJALAN KHUSYUK DAN KHIDMAT

 

Umat Islam di Indonesia merayakan Idul Adha 1441 Hijriah pada hari jumat 30 juli. Perayaan Idul Adha tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena pelaksanaannya di tengah pandemi covid-19. Masjid Raya Al-Mujahidin Selong menjadi salah satu masjid yang menerapkan protokol kesehatan dalam pelaksanaan Sholat Idul Adha.

Sebelum dilakukan Sholat Idul Adha di Masjid Al-Mujahidin Selong, Bupati Lombok Timur H. M. Sukiman Azmy menyampaikan beberapa hal diantaranya mengingatkan masyarakat tekait penerapan protokol kesehatan. Karena dibandingkan Kabupaten di NTB dengan jumlah penduduk mencapai satu juta, pasien terkonfirmasi positifnya relatif sedikit. Selain itu dirinya mengingatkan jamaah bahwa sembilan agustus mendatang direncanakan membuka kegiatan belajar mengajar di sekolah dengan catatan kasus covid-19 tidak menunjukkan penambahan kasus yang tinggi. Dirinya menilai KBM secara daring kurang efektif diterapkan.

Sementara itu, Kepala Kemenag Lombok Timur H. Azharuddin selaku khotib menyampaikan tiga peristiwa penting dalam prosesi pelaksanaan Sholat Idul Adha, diantaranya ialah ibadah haji. Namun pelaksanaan haji tahun ini terkendala covid-19 sehingga keberangkatan jamaah harus ditunda. Penundaan keberangkatan ini memiliki hikmah tersendiri yaitu memberi kesabaran dan tawakkal kepada Calon Jamaah Haji. Selain ibadah sholat Idul Adha,  khotib mengajak untuk tetap membina silaturrahim meskipun d tengah pandemi covid-19.

Sementara ibadah yang tak kalah penting juga yaitu ibadah kurban. Kurban mengajarkan kepekaan masyarakat terhadap masyarakat lainnya. Dirinya menegaskan kenikmatan tidak akan berkurang nilainya melalui ibadah kurban. Karena kurban mendekatkan manusia kepada sang pencipta. Kurban bukan hanya soal ibadah melainkan bagaiamana membantu pemulihan ekonomi masyarakat.

Pelaksanaan sholat Idul Adha di Masjid Raya Al-Mujahidin Selong berjalan dengan khusuk dan khidmat meskipun di tengah pandemi saat ini. Dalam pelaksanaanya perotokol kesehatan sangat diperhatikan seperti penggunaan masker dan jaga jarak dengan jamaah yang lain.  ZF