BUPATI MENDAKI SAVANA PROPOK

BUPATI MENDAKI SAVANA PROPOK

Jumat sore 17 juli lalu, Bupati Lombok Timur Haji Muhammad Sukiman Azmy bersama jajaran Forkopimda mendaki ke Bukit Kondo Savana Propok yang terletak di Wilayah Taman Nasional Gunung Rinjani perbatasan Kecamatan Wanasaba Dan Sembalun. Rombongan pun berkesempatan menjajal terjalnya jalur pendakian yang dapat ditempuh selama kurang lebih dua setengah jam ini.

Sesampainya di Bukit Sekomak yang menjadi pintu terakhir sebelum sampai ke Savana, Bupati menyampaikan pengalaman selama menaiki Propok. Iapun menyampaikan jika terjal dan tipisnya trek selepas melewati hutan adalah bagian yang paling berbahaya kala mendaki Propok.

Untuk itu ia meminta para pendaki untuk lebih berhati-hati kala mendaki ke Bukit Kondo Savana Propok.

Selepas beristirahat Bupati dan rombongan kemudian menuju ke Savana Dua yang merupakan lokasi Camping Ground di pendakian Savana Propok.

Ditengah suasana menikmati indahnya Propok, Bupati Lombok Timur menyampaikan banyak hal yang harus diperbaiki terutama di jalur pendakian. Adanya titik yang ekstrem yakni treking selepas melewati hutan sepanjang kurang lebih 40 menit, dikatakan harus menjadi perhatian. Hal ini demi menjamin keamanan dan kenyamanan pendaki. Meski diakui sudah ada upaya untuk memberikan rasa aman bagi pendaki oleh pengelola, namun diungkapkan jika usaha tersebut masih belum optimal.

Selain perbaikan di jalur-jalur berbahaya, Bupati mengungkapkan, jumlah pendaki yang melewati jalur-jalur berbahaya menuju Propok harus diatur. hal ini penting untuk menjaga beban yang diterima oleh tanah. Seperti yang diketahui pada tanjakan terakhir sebelum menaiki Bukit Sekomak, pendaki propok harus ekstra hati-hati, karena harus melewati jalur tipis yang langsung bersinggungan dengan jurang.

Selain itu ekstreamnya jalur pendakian propok, membuat Bupati berpikir untuk mendorong dibukanya jalur yang lebih landai. Seperti melalui Desa Beriri Jarak. dengan demikian, pendaki yang berusia lanjut bisa dengan nyaman mengunjungi propok. SSB.