GUBERNUR NTB SAPA KADES SE-LOMBOK TIMUR

GUBERNUR NTB SAPA KADES SE-LOMBOK TIMUR

 

Didampingi Bupati Lombok Timur H. M. Sukiman Azmy dan jajaran Organisasi Perangkat Daerah Nusa Tenggara Barat, Gubernur Nusa Tenggara Barat H. Zulkieflimansyah melakukan kunjungan kerja ke sejumlah wilayah di Lombok Timur (Kamis, 2/7). Hajatan Gubernur untuk bertemu dengan para Kepala Desa ini pertama kali mendatangi Desa Ketapang Raya Kecamatan Keruak.

Di Ketapang Raya Gubernur menyerap aspirasi para Kepala Desa se Kecamatan Keruak, Jerowaru, Lenek, Sakra, Sakra Barat Dan Sakra Timur. Dalam pertemuan tersebut, dihadapan Gubernur, Bupati Sukiman Azmy memaparkan jika wilayah selatan selalu membutuhkan perhatian maksimal saat musim kemarau tiba yakni air minum dan irigasi.  Meski begitu Bupati berharap pada 2023 yang akan datang persoalan air baik untuk minum dan irigasi tak lagi dikeluhkan oleh warga selatan, mengingat Pemerintah Daerah saat ini tengah fokus membangun jaringan irigasi maupun air minum untuk mengatasi kesulitan warga.

Beberapa kebijakan juga telah dilakukan Pemerintah Daerah dalam mendorong kemajuan pembangunan di wilayah selatan, seperti memperbaiki infrastruktur jalan yang kini dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Disisi lain Bupati juga menyadari kemampuan anggaran Pemerintah Kabupaten Lombok Timur tidak sebanding dengan jumlah penduduk dan luas wilayahnya yang begitu besar. karena itu sinergitas dengan Pemerintah Provinsi sangat dibutuhkan guna mewujudkan masyarakat Lombok Timur yang adil dan sejahtera menuju NTB Gemilang.

Guna memaksimalkan upaya dalam menyerap aspirasi, Ggubernur yang mengajak sejumlah OPD Provinsi NTB ini meminta masing-masing Kepala Desa menyampaikan keluhanannya kepada setiap OPD. langkah tersebut dianggap lebih efisien agar persoalan yang dihadapi para Kepala Desa dimasing-masing wilayahnya cepat diakomodir dan terselesaikan.

Setelah mengakomodir aspirasi para Kepala Desa di lima Kecamatan, rombongan Gubernur dan Bupati kemudian menuju Kantor Camat Sikur.  Di lokasi ini Gubernur kembali menyerap aspirasi para Kepala Desa Se-Kecamatan Sikur, Masbagik, Suralaga, Labuhan Haji , Pringgasela, Terara Dan Montong Gading.

Pada kesempatan Bupati memaparkan persoalan infrastruktur khususnya jalan, yang belum dapat terakomodir seluruhnya melalui program percepatan, membuat Pemerintah Daerah akan menganggarkan kembali pembangunan serta perbaikan jalan dengan sistem multiyears. Adapun estimasi anggaran pada multiyeras tahap dua ini akan dialokasikan sebesar seratus milyar rupiah. Pemerintah Provinsi juga diharapkan dapat membantu Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur dalam mengatasi persoalan jalan yang kerap dikeluhkan masyarakat.

Bupati juga memaparkan tentang keberadaan kampung inggris yang difokuskan di Desa Tete Batu Selatan. Dijelaskan Bupati, Pemerintah Daerah telah menggelontor anggaran yang tak sedikit guna mempersiapkan Desa Tete Batu Selatan sebagai Kampung Inggris yang akan dilaunching dalam waktu dekat. Keberadaan Kampung Inggris ini, tidak hanya sebagai tempat edukasi memperdalam kemampuan berbahasa Inggris, namun juga dengan potensi wisata yang dimiliki, diyakini memiliki dampak ekonomi untuk masyarakat utamanya memasuki era New Normal setelah mengalami masa pandemi seperti saat ini.

Pada kesempatan tersebut Gubernur memaparkan dalam upaya meningkatkan ekonomi masyarakat, berbagai langkah telah ditempuh Pemeintah Provinsi guna mendukung keberadaan UMKM di NTB. Salah satu diantaranya terkait kebijakan Pemerintah Provinsi tentang pengadaan jps gemilang yang kini sudah memasuki tahap tiga. NTB dinilai sebagai satu-satunya Provinsi yang mengambil langkah berani membagikan jaring pengaman sosial yang disesuaikan dengan komoditas yang dimiliki masing-masing daerah. Ia berharap dengan pemberdayaan tersebut ekonomi masyarakat dapat segera pulih dan bangkit kembali.

Berikutnya Gubernur melakukan pertemuan dengan Kepala Desa Se Kecamatan Suela, Lenek, Aikmel, Wanasaba, Pringgabaya, Sambalia, Sembalun Dan Selong Di Kebun Raya Lemor.

Wakil Bupati Lombok Timur H. Rumaksi Sjamsoedin yang berkesempatan hadir dalam pertemuan tersebut berharap agar aspirasi yang disampaikan para Kepala Desa dapat diakomodir. Wabup juga berharap melalui ajang silaturahmi tersebut dapat mengurai segala bentuk persoalan yang dihadapi Pemerintah Desa selama ini. RD&Z