Pemda Lotim Fasilitasi Pemulangan Jenazah PMI

Pemda Lotim Fasilitasi Pemulangan Jenazah PMI

Pemerintah Daerah melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Lombok Timur memfasilitasi pemulangan Jenazah Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang meninggal di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Sudarso Pontianak. Jenazah PMI M. Syafii warga Menceh ini tiba dan dijemput Disnakertrans pada Rabu (24/06) melalui Bandara Internasional Lombok. Pemda Lotim berkoordinasi dengan Dandim 1207/ Kota Pontianak untuk pengurusan kelengkapan administrasi kepulangan warga tersebut.

Kepala Disnakertrans Kabupaten Lombok Timur H. Supardi menjelaskan seminggu sebelumnya pihaknya mendapat laporan dari Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) bahwa salah seorang PMI asal Lombok Timur yang sakit dan dipulangkan serta dirawat di RSUD Dr. Sudarso Pontianak--setelah sebelumnya dirawat pula di Malaysia. Pada Senin--SBMI sebagai pendamping PMI kemudian mengabarkan bahwa PMI tersebut meninggal dunia. Untuk pemulangannya selain berkoordinasi dengan Kodim Kota Pontianak, pihaknya juga berkoordinasi dengan P2MI yang ada di Pontianak.

Supardi menjelaskan pendanaan untuk keperluan pemulangan Jenazah PMI ini berasal dari Baznas Lombok Timur. Setelah tiba jenazah tersebut langsung diserahkan kepada keluarganya.

Supardi juga menyampaikan saat ini sejumlah PMI masih tertahan di beberapa kota, baik PMI yang dideportasi maupun PMI yang dipulangkan menyusul merebaknya pandemi Covid-19. Pemda selalu memberikan perhatian dan berupaya memfasilitasi PMI yang mengalami masalah di Negara tujuan melalui koordinasi dengan berbagai pihak terkait.