Pemda Lotim Akan Lakukan Rapid Test Berbasis SMP

Pemda Lotim Akan Lakukan Rapid Test Berbasis SMP

Selong, Bupati Lombok Timur H. M. Sukiman Azmy mengundang perwakilan kepala sekolah SMP se-Lombok Timur untuk menentukan arah kebijakan yang akan diambil terkait operasional Sekolah Menengah Pertama. Bupati didampingi Kadis Pendidikan dan Inspektur Inspektorat pada rapat yang berlangsung di Pendopo Bupati Lombok Timur Rabu (17/20).

Secara umum kepala SMP perwakilan se-Lombok Timur mengaku bahwa pihak sekolah sudah menyiapkan mulai dari thermo gun, tempat cuci tangan, pengaturang runag kelas yang menerapkan  Physical distancing atau sesuai standar protokol pencegahan COVID-19. Berdasarkan laporan tersebut Bupati Sukiman menyimpulkan bahwa Sekolah Menengah Pertama di Lombok Timur sudah  siap untuk menjalankan proses belajar secara tatap muka. 

Sukiman menjelaskan bahwa berbagai kegiatan yang dilakukan Pemerintah Daerah melallaui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mulai dari rapid test berbasis perbatasan, rapid test berbasis pasar, rapid test berbasis masjid adalah sebagai kajian untuk kemudian mengeluarkan kebijakan membuka secara bertahap berbagai ruang publik dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Bupati mengingatkan tahun ajaran baru dimulai 13 Juli mendatang, sehingga masih ada waktu 1 bulan lagi untuk mempersiapkan diri. Memastikan kesiapan baik sekolah maupun siswa pada  Sabtu  (20/06), bertepatan dengan pembagian rapor akan dilakukan rapid test berbasis Sekolah Menengah Pertama, dengan sebelumnya melakukan skrining untuk siswa dengan suhu tubuh di atas normal. Hasilnya, seperti kegiatan rapit test lainnya, ini akan menjadi acuan untuk menentukan kebijakan  selanjutnya, yaitu dilangsungkan atau tidaknya pembelajaran tatap muka untuk sekolah tingkat SMP. (Protokol & Komunikasi Pimpinan Setda Lotim)