KETUA DPP HKTI NTB KUNJUNGI PETANI BAWANG PUTIH SEMBALUN

KETUA DPP HKTI NTB KUNJUNGI PETANI BAWANG PUTIH SEMBALUN

Lombok Timur merupakan daerah yang dianugerahi dengan kekayaan alam, berupa suburnya lahan pertanian hal ini tak ayal membuat sebagian besar penduduk, di daerah dengan 21 kecamatan dan 254 desa dan kelurahan ini, menggantungkan hidupnya di industri pertanian.

Berbagai macam komoditi pertanian,  mulai dari padi, palawija, tembakau, aneka sayur mayur hingga bawang putih menjadi komoditi utama Kabupaten dengan jumlah penduduk terpadat di Nusa Tenggara Barat ini.

Salah satu komoditi utama, yang membuat Lombok Timur dikenal di seluruh Nusantara ialah bawang putih. tanaman bernama latin Alium Sativum ini. menjadi komoditas pertanian, yang berhasil mengangkat nama Lombok Timur, bahkan sejak zaman Presiden Republik Indonesia kedua.

Wilayah di Lombok Timur, yang menjadi centra penghasil bawang putih ialah Kecamatan Sembalun. sebuah Kecamatan yang terletak di lereng Gunung Rinjani.

Sempat terpuruk, bawang putih kini kembali menjadi komoditas utama yang ditanam Petani sembalun. Dikatakan jika 3800 hektar lahan produktif di wilayah Kecamatan Sembalun kini ditanami bawang putih, atau kurang lebih 90 persen dari total lahan pertanian di wilayah tersebut.

Hal inilah yang akhirnya membuat bawang putih sembalun melalui varietas sangga sembalun, mampu mencover 60 persen kebutuhan bibit bawang putih Nasional. seperti yang diketahui di Indonesia terdapat tiga daerah yang menjadi centra penghasil bibit bawang putih Nasional, yakni Temanggung, Magelang dan Sembalun Lombok Timur,

Semakin berkembangnya pertanian bawang putih di Sembalun, tak lepas dari perhatian besar yang ditunjukkan DPP Himpunan Kerukunan Tani Indonesia Nusa Tenggara Barat. DPP HKTI NTB pada tahun 2020 ini, membina ratusan hektar lahan pertanian sebagai pilot project untuk ditanami bawang putih, disamping terus melihat perkembangan pertanian bawang putih secara keseluruhan di Kecamatan Sembalun.

Melihat seperti apa kondisi pertanian bawang putih Sembalun, pada musim tanam ini  bersama jajarannya Ketua DPP Himpunan Kerukunan Tani Indonesia NTB, yang juga Wakil Bupati Lombok Timur H. Rumaksi Sjamsoedin mengunjungi Desa Sembalun Bumbung, Senin siang delapan juni. kunjungan tersebut untuk melihat secara langsung kondisi pertanian bibit bawang putih sembalun yang dikatakan sebagai varietas terbaik di Indonesia.

Selain pengurus HKTI NTB dan Lombok Timur, pada kesempatan tersebut ketua HKTI NTB juga ditemani oleh anggota DPRD Lombok Timur Fraksi Partai Nasdem Sekretaris Dinas Pariwisata Lombok Timur dan Kepala Desa Sembalun Bumbung.

Dalam kunjungan tersebut rombongan melihat seperti apa kondisi tanaman bawang putih para petani di sejumlah titik, dari total 611 hektar lahan binaan hkti kerjasama dengan bank ntb syariah untuk bawang putih yang kedepan akan dijadikan sebagai bibit bawang putih untuk penyangga kebutuhan nasional. bibit-bibit inilah yang kemudian akan didistribusikan hingga ke seluruh Indonesia.

H. Rumaksi juga berbicang langsung dengan para petani bawang putih dan menyerap sejumlah asprirasi. salah satunya adalah mencarikan para petani bawang putih pasar yang baik dengan menunjuk offtaker, yang nantinya akan membeli bibit bawang putih petani.

Seperti yang diketahui saat ini para petani bawang putih di Sembalun merasa kesulitan mencari tengkulak yang akan membeli bawang putih mereka akibat mewabahnya covid-19 di Indonesia.

Dengan demikian kehadiran HKTI dapat benar-benar dirasakan oleh para petani khusunya petani bawang putih baik binaan HKTI maupun non binaan HKTI yang nantinya berimbas dengan meningkatnya kesejahteraan para petani di sembalun .

Senada dengan Ketua Dpp Hkti NTB Sekretaris Umum DPP HKTI NTB Iwan Setiawan mengungkapkan jika apa yang didapat petani bawang putih Sembalun  saat ini merupakan bentuk usaha keras yang dilakukan sejak awal. dari awal HKTI menjalin kerjasama dengan Bank Ntb Syariah, Kementerian Pertanian hingga DPN HKTI.

Atas usaha tersebut bawang putih Sembalun dapat menghasilkan 12 ribu ton benih kering, yang nantinya akan disertifikasi melalui BPSB NTB sebelum akhirnya dapat dibeli oleh offtaker.

Dukungan yang ditunjukkan DPP HKTI NTB untuk para petani bawang putih sembalun oleh salah seorang produsen bibit bawang putih Sanggah Sembalun dan Lunggu Putih, diakui sangat berdampak bagi bangkitnya pertanian bawang putih di Sembalun. HKTI sangat berperan dalam proses pembiayaan, produksi hingga panen.

Saat ini diakuinya para petani dibawah binaan HKTI NTB membutuhkan offtaker yang siap untuk meng okupasi bawang putih milik para petani. adapun ia berharap HKTI juga menemukan solusi untuk para petani bawang putih non binaan HKTI yang ia yakini juga kebingungan dalam mencari tengkulak untuk membeli bawang putih hasil panen mereka.

Kunjungan dari DPP HKTI NTB ini diharapkan dapat menegaskan keberadaan HKTI NTB bagi para petani. seperti di tegaskan Ketua DPP HKTI NTB sebelumnya ditegaskan jika HKTI bukan hanya sebagai sebuah simbol petani ke pemerintah saja melainkan ikut berperan dalam meningkatkan kualitas pertanian/ yang berujung dengan sejahteranya para petani . FW & SSB