SURVEY SUMBER AIR, BUPATI MINTA BUAT KAJIAN

SURVEY SUMBER AIR, BUPATI MINTA BUAT KAJIAN

Sakra Timur. Guna mengantisipasi datangnya musim kemarau yang berlangsung pada setiap pertengahan tahun, Bupati Lombok Timur H. M. Sukiman Azmy didampingi Asisten II, Kepala Bappeda, Kepala Dinas PUPR, Direktur PDAM dan beberapa pejabat terkait lainnya melakukan survey sumber air.

Salah satu lokasi yang dikunjungi Bupati yakni sungai yang terdapat di bawah jembatan Desa Selayar Kecamatan Sakra Timur Senin 1 Juni. Air sungai yang berasal dari rembesan akar pohon ini diketahui tak pernah kering meski di musim kemarau. disisi lain memaksimalkan pemanfaatan air ini juga tidak dilakukan dan air hanya terbuang ke laut. karena itu pada kesempatan tersebut Bupati meminta agar segera dibuat Detail Enginering Desigen atau ada terhadap sumber air dimaksud untuk diusulkan pada APBD Perubahan.

Bupati juga meminta pembebasan lahan untuk membangun reservoir, guna memenuhi kebutuhan air di wilayah selatan.  kepada stakholders terkait, juga diminta untuk segera mengambil langkah strategis sebelum kemarau terjadi pada juli mendatang.

Berikutnya Bupati mengunjungi sumber air yang terdapat di dusun selak ampan Desa Pijot Kecamatan Keruak di lahan milik salah seorang warga Syarafuddin. di lokasi ini Pemerintah Daerah akan membebaskan sepuluh are lahan untuk kebutuhan air bersih masyarakat. pada kesempatan tersebut bupati menjelaskan potensi sumber air di dusun tersebut cukup bagus dan dapat menjawab persoalan krisis air bagi warga selatan.

Lokasi terakhir yang dikunjungi Bupati yakni meninjau sumber air yang terdapat di Gunung Sepang, Kecamatan Selong. di wilayah ini Bupati mempertanyakan status kepemilikan lahan berikut memastikan apakah sumebr air tersebut masih difungsikan oleh PDAM   atau tidak.

Bupati berharap beberapa sumber air dapat dimaksimalkan, mengingat air merupakan sumber kebutuhan krusial terlebih saat menghadapi musim kemarau pada bulan mendatang. RD&Z