KETUA DPRD LOMBOK TIMUR BEBERKAN ANGGARAN PENANGANAN COVID-19 & TANGGAPI WACANA NEW NORMAL

KETUA DPRD LOMBOK TIMUR BEBERKAN ANGGARAN PENANGANAN COVID-19 & TANGGAPI WACANA NEW NORMAL

Anggaran senilai 172 milyar rupiah lebih dianggarkan untuk penanganan covid-19 di Lombok Timur. hal tersebut disampaikan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Lombok Timur, Murnan. pihaknya menyampaikan untuk bantuan jaring pengaman sosial selama tiga bulan dianggarkan sebanyak 30 sampai 40 milyar.

Sementara Dana Alokasi Umum Daerah Lombok Timur dari total keseluruhan senilai 1,3  triliyun rupiah  dipotong 115 milyar  oleh Pemrintah Pusat. lebih lanjut pihaknya menyampaikan sisa anggaran tersebut dipergunakan untuk belanja tidak langsung yakni seperti kebutuhan gaji pegawai. Adapun anggaran sebanyak 115 Milyar tersebut dirasa mampu menyedot penggunaan anggaran program yang lain.

Sejumlah dana anggaran untuk Kabuparten Lombok Timur ditegaskan jika Pendapatan Asli Daerah (PAD)  mengalami penurunan yang signifikan. Semula memiliki target 1 milyar  kini pendapatan tidak lebih dari lima puluh persen. pihaknya berharap/ dengan adanya kebijakan dari Pemerintah Pusat dan Provinsi terkait penanganan covid-19 tidak membebankan anggaran daerah untuk penganggaran penanganan Pandemi tersebut.

Sementara terkait rencana Pemerintah Pusat yang akan menerapkan New Normal. pihaknya menyatakan Pemerintah Daerah akan menyiapkan dengan kebijakan yang tepat, yakni dengan menerapkan protokoler kesehatan covid-19 dengan menyesuakian kebijakan dari Pemprov dan Pemerintah Pusat. Seiring dengan kebijakan lainnya yang kemudian akan dirapatkan. lebih lanjut pihaknya berharap sosial perekonomian masyarakat dapat berjalan seperti biasanya. (NH)