Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Melakukan Rapid Test Berbasis ASN

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Melakukan Rapid Test Berbasis ASN

Rangkaian dari kajian terhadap penyebaran Covid-19 di Lombok Timur, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 melakukan rapid test berbasis ASN pada Selasa (26/05).

Setelah sebelumnya melakukan rapid test berbasis pasar dan masjid, rapid test berbasis ASN yang diikuti seluruh ASN di Lombok Timur ini digelar persis setelah libur Idul Fitri sekaligus agenda rutin sidak pasca libur lebaran.

Karenanya selain melakukan pengecekan suhu tubuh ASN juga mengisi daftar kehadiran sebagai laporan ke Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) dan rapid tes ASN yang suhu tubuhnya di atas normal;

Pelaksanaan rapid test berbasis ASN ini dibagi dalam tiga lokus, yaitu lokus Kantor Bupati bagi ASN yang berkantor di Kantor Bupati ditambah Inspektorat, lokus OPD, dan lokus Kantor Camat bagi Kecamatan dan UPTD.

Kegiatan yang dimulai pukul 07.30 wita ini dibuka Bupati Lombok Timur H. M. Sukiman Azmy dengan menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi aktif dalam penanganan covid-19 di Lombok Timur sesuai fungsi masing-masing, termasuk ASN.

Bupati menyampaikan pula bahwa kekompakan seluruh pihak di Lombok Timur mendapatkan apresiasi dengan berhasil mengendalikan wabah ini sesuai kemampuan. Namun demikian mengingat penanganan kasus ini belum tuntas ia meminta seluruh pihak termasuk seluruh ASN dan masyarakat Lombok Timur menjaga dan meningkatkan kekompakan, "partisipasi, kekompakan, disiplin kita masih dibutuhkan. Mari siapkan diri kembali melaksanakan tugas ini, " pesannya. Ditambahkannya agar semua pihak tidak terlalu lama gelisah dan terganggu ketentramannya ia meminta semua berperan secara nyata.

Pemerintah daerah Lombok Timur melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 telah melakukan berbagai kegiatan untuk menangani keselamatan masyarakat baik melalui operasi perbatasan ramah covid-19, maupun rapid test. Bupati menyampaikan, "rapid test berbasis ASN ini menjadi yang terakhir sebagai bagian dari kajian kita", ungkap Bupati menutup arahannya.

Rapid test berbasis ASN ini dikoordinasikan Staf Ahli SDM Haris, M.AP dengan tim medis oleh Direktur RSUD R Soedjono Selong untuk pelaksanaan di Kantor Bupati, sementara untuk OPD lainnya dikoordinasi Kepala BKPSDM dan tim medis oleh Direktur RSUD Lombok Timur, sedangkan pelaksanaan di Kecamatan oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Tim medis oleh Kadis Kesehatan melalui Puskesmas setempat.

Pelaksanaan kegiatan ini dengan menerapkan protokol physical distancing, penggunaan masker, dan penyediaan hand sanitizer.

Seperti pelaksaan lainnya, skrining suhu tubuh dilanjutkan dengan rapid test bagi ASN yang terdeteksi memiliki suhu tubuh di atas normal.

(Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Lotim)