Acara Silaturrahmi SDM PKH, Sekda Lotim: "Koordinasi Menjadi Titik Tekan Untuk Suksesnya Sebuah Kegiatan Atau Program"

Acara Silaturrahmi SDM PKH, Sekda Lotim: "Koordinasi Menjadi Titik Tekan Untuk Suksesnya Sebuah Kegiatan Atau Program"

Koordinasi menjadi titik tekan untuk suksesnya sebuah kegiatan atau program, sebut Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Timur H. Muhammad Juaini Taofik. Karenanya meningkatkan koordinasi antara Pemerintah dengan pendamping PKH, Pemda kabupaten Lombok Timur mengumpulkan pendamping PKH seluruh kabupaten Lombok Timur pada acara Silaturrahmi SDM PKH dan Pengrahan Oleh Bupati Lombok Timur yang diwakili Sekda. Kegiatan ini berlangsung Kamis (14/05). Kegiatan ini terkait pula dengan upaya menyukseskan distribusi Jaring Pengaman Sosial (JPS) sebagai upaya penanganan dampak Covid-19.

Gambar mungkin berisi: 1 orang

Salah satu poin yang disampaikan Sekda pada kesempatan tersebut mengingatkan pembaharuan data (update). Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dapat dilakukan perbaikan melalui mekanisme yang telah ditetapkan. Menurut Juaini jika data tepat sasaran maka pelayanan kepada keluarga miskin akan semakin cepat dan program berjalan efektif. "Ketepatan data adalah 50% keberhasilan penanggulangan kemiskinan, " ungkap Juaini.

Di sisi lain Juaini menyadari kesulitan para pendamping di lapangan. Untuk itu Pemerintah berupaya ke depan agar kinerja pendamping kondusif dengan insentif yang bisa menekan praktik-praktik yang tidak sesuai perkembangan zaman.

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih dan orang duduk

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Lombok Timur H. Ahmat mengingatkan pendamping diharapkan mengedukasi masyarakat agar dapat mandiri, keluar dari kemiskinan. Ia berharap silaturahmi ini dapat meningkatkan komunikasi dan koordinasi Pemerintah dengan para pendamping. Ia menyebut adanya rencana penambahan Keluarga penerima manfaat (KPM) membutuhkan peran pendamping utamanya untuk verifikasi dan validasi data. Sehingga ke depan upaya Pemerintah untuk mengentaskan kemiskinan dan mewujudkan masyarakat adil, sejahtera, dan aman dapat tercapai.

(protokol & komunikasi pimpinan setda lotim)