Pemkab Tapanuli Utara Jalin Kerjasama Pengembangan Bawang Putih

Pemkab Tapanuli Utara Jalin Kerjasama Pengembangan Bawang Putih

Selong. Lombok Timur sebagai penghasil bawang putih semakin menguatkan posisi dengan pengakuan dari berbagai daerah. Pengakuan ini dapat dilihat dari banyaknya kunjungan kerja sejumlah daerah terkait budidaya bawang putih. Seperti kunjungan kerja yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara. Rombongan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara diterima langsung Wakil Bupati Lombok Timur H. Rumaksi Sj di ruang rapat Wakil Bupati pada Senin (24/02).

Wakil Bupati yang didampingi Sekretaris Daerah, dan Kepala Dinas Pertanian Lombok Timur dalam kata penerimaannya mamaparkan kondisi Lombok Timur utamanya pertanian bawang putih di daerah ini. Wabup mengkritisi program swasembada pangan yang tidak diiringi swasembada bibit. Karenanya langkah awal menetapkan Sembalun sebagai sentra bibit bawang putih nasional dinilai menjadi langkah konkret menuju swasembada pangan. Sembalun mengembangkan varietas Bawang Putih Sangga Sembalun yang DNA-nya dapat dikembangkan menjadi berbagai varietas.

Selain bibit, pasca panen juga menjadi perhatian untuk dicarikan solusinya. Menurut Wakil Bupati yang juga ketua HKTI Provinsi NTB, selama ini pasca panen masih menjadi permasalahan di tingkat petani. Harus ada yang menjamin atau membeli hasil para petani ini. Wabup Rumaksi menegaskan akan mendorong penentuan harga minimal, serta mekanisme harga untuk usaha tani bawang putih. Dengan demikian tidak ada lagi petani yang mengalami kerugian.

Wabup berjanji akan memberikan dukungan terhadap pengembangan bawang putih di Tapanuli Utara, sebagai tindak lanjut terhadap kunjungan kerja ini.

Rombongan Kabupaten Tapanuli Utara dipimpin Sekretaris Daerah Indra Sahat Simare-mare menjelaskan sejumlah program yang dilaksanakan di Tapanuli Utara, dan menyambut baik kerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur, dan HKTI untuk pengembangan bawang Putih di wilayahnya. Diharapkan kerjasama ini mendatangkan manfaat, utamanya kesejahteraan bagi masyarakat.

Pada kesempatan tersebut dilakukan pula penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Dewan Pimpinan HKTI provinsi NTB dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Tapanuli Utara, tentang Pengembangan Usaha Tani Bawang Putih, di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara. Ary (Protokol & Komunikasi Pimpinan)