TPAKD Harus Gali Potensi Daerah

TPAKD Harus Gali Potensi Daerah

Wakil Bupati Lombok Timur H. Rumaksi Sj., menilai sejumlah bantuan yang didistribusikan Pemerintah kerap tidak berhasil mencapai target yang telah ditetapkan. Wabup Rumaksi mencontohkan bantuan bagi keluarga miskin yang kerap justru diterima warga yang tidak berhak. Wabup menyebutkan labelisasi rumah warga miskin yang dilakukan  Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur berhasil mengurangi penyimpangan penyaluran bantuan. Wabup menyebut berdasarkan laporan Dinas Sosial Lombok Timur dari 800 ribu warga yang terdaftar sebagai penerima, limaratus ribu di antaranya mengundurkan diri sebagai penerima.

Hal itu diungkapkan Wabup pada Pembahasan Rencana Program Kerja Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Lombok Timur, Senin (24/02). Pada kegiatan yang berlangsung di Rupatama I Kantor Bupati Lombok Timur tersebut Wabup Rumaksi juga menyampaikan bahwa keterbatasan anggaran APBD Kabupaten Lombok Timur menyebabkan terbatasnya upaya yang dapat dilakukan Pemerintah Daerah untuk mengentaskan kemiskinan. Pemerintah sebelumnya telah  memberikan subsidi premi asuransi ternak sapi dan subsidi bunga bank untuk kepemilikan ternak. Kehadiran OJK melalui pembentukan TPAKD ini di Lombok Timur dapat memfasilitasi  dengan mendorong dan memberikan akses untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Wabup Rumaksi berharap OJK dapat memberikan bimbingan dan persyaratan yang tidak memberatkan masyarakat. Keberadaan TPAKD diharapkan dapat mendatangkan manfaat bagi masyarakat pelaku usaha, baik di bidang pertanian, peternakan, perikanan, pariwisata, dan sebagainya.

Sebelumnya, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi NTB yang diwakili bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen dan Manajemen Intern OJK NTB Bambang S. menyampaikan bahwa TPAKD merupakan program unggulan OJK. TPAKD diharapkan bisa bersinergi untuk menggali potensi Pemerintah Daerah dengan mendekatkan kepada lembaga keuangan. Ia menegaskan OJK sangat berkepentingan dengan program ini, karenanya OJK memfasilitasi kegiatan sosialisasi terkait TPAKD. TPAKD diharapkan dapat menjadi motor penggerak kemajuan, terlebih dengan adanya dukungan dari HKTI di bidang pertanian.

Acara ini dihadiri sejumlah OPD terkait juga BUMN dan BUMD yang ada di Lombok Timur. Ary (Protokol & Komunikasi Pimpinan)