BUPATI DAN BALAI TNGR RESMIKAN KANTOR RESORT SEMBALUN

BUPATI DAN BALAI TNGR RESMIKAN KANTOR RESORT SEMBALUN

 

Kamis malam 13 Februari, Bupati Lombok Timur H. M. Sukiman Azmy bersama jajaran Pemda Lombok Timur menghadiri peresmian Kantor Resort Sembalun Seksi Pengelolaan Wilayah II Balai Taman Nasional Gunung Rinjani. Seperti diketahui, Kantor TNGR di Sembalun tersebut mengalami kerusakan parah akibat bencana gempa 2018 lalu dan harus dibangun ulang.

Selain pihak TNGR dan Pemda Lombok Timur, acara ini turut pula dihadiri oleh tokoh agama dan tokoh masyarakat di Desa Sembalun dan sekitarnya.

Dalam peresmian Kantor Resort TNGR di Sembalun ini, pihak TNGR bersama Pemda dan masyarakat terlebih dahulu mengadakan doa dan zikir bersama sebagai bentuk kesyukuran atas kembali berdirinya Markas TNGR di Sembalun. Doa dan zikir bersama ini pun diikuti dengan khidmat oleh para hadirin.

Dalam sambutannya Kepala Balai TNGR Dedy Asriady menyampaikan jika kantor ini lebih banyak beraktivitas untuk melayani pendakian ke gunung rinjani. dikatakan jika jalur Sembalun adalah favorit para pendaki. Adapun peresmian kantor ini oleh Pemda Lombok Timur merupakan bentuk hadirnya pemerintah dan masyarakat dalam keberadaan TNGR.

Dedy berharap  adanya kantor ini dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dari sisi peningkatan perekonomian, tanpa menguraingi fungsi ekologi dari Taman Nasional Gunung Rinjani.

Sementara itu Bupati Lombok Timur H. M. Sukiman Azmy menyampaikan, jika Pemda dan TNGR telah melakukan kerjasama yang baik. termasuk dalam menyelesaikan sejumlah permasalahan yang terjadi di lingkaran taman nasional gunung rinjani di wilayah Lombok Timur.

Pada kesempatan tersebut Bupati mengungkapkan jika Pemda memiliki tiga agenda besar pada tahun 2020, seperti pelaksanaan lari 117 kilometer yang akan mengambil rute belanting Sembalun, pelaksanaan pemecahan rekor paramotor dan balap sepeda gunung. Dijelaskan jika ketiga event tersebut akan digalakan di sembalun dan membutuhkan kerjasama yang baik antara Pemda, TNGR dan tentunya masyarakat Sembalun. Bupati berharap TNGR bisa memberikan peluang untuk terlaksananya event tersebut.

Peresmian Kantor Resort TNGR di Sembalun ini pun diakhiri dengan penanda tanganan prasasti yang dilakukan oleh Bupati sebagai wakil masyarakat dan Pemerintah Daerah dan Kepala Balai TNGR.