Perhatian Bagi Difabel

Perhatian Bagi Difabel

Selong, Pemerintah Lombok Timur berjanji akan memberikan perhatian lebih dalam bentuk peningkatan fasilitas, sarana dan prasarana kepada masyarakat Lombok  Timur yang tergolong memiliki kemampuan berbeda (diferent ability, Difable). Hal itu disampaikan Bupati Lombok Timur H.M. Sukiman Azmy pada acara Silaturahmi Pegiat Sosial dan Penyerahan Bantuan Kursi Roda Khusus Anak Penyandang Disabilitas (WFK) Kabupaten Lombok Timur. Pada acara yang berlangsung Kamis (30/01) tersebut Bupati mengingatkan aparatnya agar bergerak cepat dan menunjukkan kepedulian kepada masyarakat difabel. Bupati juga mengecam adanya Kepala Sekolah yang memberhentikan siswa difabel. Setiap warga negara memiliki hak yang sama untuk memperoleh pendidikan. Bupati bahkan mengancam akan memecat Kepala Sekolah yang melakukan hal tersebut.

            Pada acara yang berlangsung di Halaman Kantor Camat Sakra tersebut Bupati juga memerintahkan agar Dinas Sosial dan pihak terkait merapikan data difabel serta memberikan Kartu Keluarga Sejahtera kepada masyarakat yang membutuhkan. Saat ini dari 1500-an orang jumlah difabel di Lombok Timur hanya sedikit yang berdaya. Karenanya Pemerintah berjanji hadir untuk meningkatkan kemandirian serta daya saing kaum difabel.

Perhatian Bagi Difabel

            Bupati Sukiman juga menyampaikan terima kasihnya kepada Endris Foundation serta lembaga dan organisasi lainnya yang telah memberikan perhatian kepada masyarakat Lombok Timur. Bupati berharap ke depan Pemerintah dari lingkup terbawah seperti Kepala Dusun/ Kepala Lingkungan, juga Kepala Desa dapat memberikan informasi terkait keberadaan masyarakat yang membutuhkan perhatian apapun bentuknya, sehingga lebih cepat tertangani. Ia menyesalkan kondisi masyarakat yang memprihatinkan justru lebih cepat terekspose di media, baik media arus utama maupun media sosial. Terlebih saat ini Lombok Timur telah memiliki UPT penanggulangan kemiskinan yang akan menangani berbagai persoalan masyarakat secara terintegrasi.

            Pada acara yang juga  dihadiri Wakil Ketua DPRD Lombok Timur tersebut, Bupati meminta kepada TAPD adanya penambahan anggaran untuk pemberdayaan difabel. Sementara         kepada Endris Foundation Bupati mengamini permintaan untuk membangun Sekolah Luar Biasa di wilayah Selatan, serta memfasilitasi pemenuhan sarana bagi lembaga tersebut.

Perhatian Bagi Difabel

            Pada kesempatan tersebut diserahkan 15 unit Kursi Roda bagi warga Kecamatan Sakra. Kursi roda ini didesain khusus dan spesifik untuk kebutuhan masing-masing penerima dan berfungsi pula sebagai alat terapi. Sebelumnya telah dilakukan survey terhadap para penerima. Berita ini juga sudah terbit pada htttp://humas.lomboktimurkab.go.id