WABUP DORONG PENYESUAIAN PERDA TENTANG KEMITRAAN PETANI TEMBAKAU

WABUP DORONG PENYESUAIAN PERDA TENTANG KEMITRAAN PETANI TEMBAKAU

 

Hal ini ditegaskan Wakil Bupati Lombok Timur, H. Rumaksi Sjamsoeddin, saat menghadiri kegiatan pembelian raya tembakau mitra petani bentoel, yang dilaksanakan digudang perusahaan bentoel di Kecamatan Terara.

Peraturan daerah nomor 4 tahun 2006 dan Peraturan Gubernur Nomor 2 tahun 2007, dikatakan perlu mendapatkan penyesuaian untuk mengakomodir kondisi budidaya tembakau saat ini. Lombok Timur sebagai penghasil tembakau virgnia terbesar di NTB, memiliki kepentingan untuk menjaga kondusifitas wilayah agar proses investasi dapat berjalan dengan baik. kekurangan yang terdapat dalam dasar hukum kemitraan tersebut, dikatakan dapat menjadi permasalahan terutama untuk petani swadaya.

Wabup mencontohkan adanya aturan pembelian tembakau petani swadaya sebesar 20 persen dari kuota pembelian tembakau perusahaan. namun dalam praktikny, hal ini gagal dieksekusi karena tidak adanya teknis yang jelas dalam kewajiban perusahaan yang telah ditetapkan. kondisi ini sering dimanfaatkan oleh oknum tidak bertanggung jawab, untuk memicu konflik yang berujung pada terganggunya stabilitas wilayah.

Selain itu, wabup juga berharap kedepan terdapat kebijakan yang mendukung adanya grader tembakau yang berasal dari luar perusahaan. hal ini untuk menjamin adanya harga yang lebih pantas yang dapat diterima oleh petani tembakau Virginia.(RF)