GUBERNUR MINTA KUOTA PEMBELIAN PT BENTOEL DITAMBAH

GUBERNUR MINTA KUOTA PEMBELIAN PT BENTOEL DITAMBAH

 

Hal ini disampaikan Gubernur NTB, H. Zulkieflimansyah saat menghadiri kegiatan pembelian raya tembakau mitra petani Bentoel group lombok, yang dilaksanakan di gudang PT. Bentoel di Kecamatan Terara. kegiatan ini dihadiri pula oleh Wakil Bupati Lombok Timur, Kepala Dinas Pertanian NTB dan Lombok Timur dan undangan lainnya.

Sektor privat saat ini menjadi sektor utama penggerak perekonomian Bangsa. Visi pembangunan NTB Gemilang salah satunya untuk menciptakan iklim investasi yang bersahabat bagi sektor privat. kebijakan kuota pembelian saat ini dikatakan cukup baik, ditengah kondisi bisnis rokok yang tengah menurun. Namun begitu, tambahan kuota pembelian tetap diharapkan, untuk dapat mengakomodir tembakau hasil produksi petani swadaya. Pemerintah dikatakan siap memfasilitasi perusahaan tembakau, dalam mendukung upaya peningkatan kuota pembelian tambakau pada tahun ini.

Sementara itu, Presiden Komisaris Independen Bentoel Group, Hendro Martowardjojo mengatakan, tahun ini pihaknya mematok kuota pembelian tembakau sebanyak 9000 ton. Tren penurunan industri rokok saat ini dikatakan dapat menurunkan target produksi bentoel group menjadi 2 milyar batang. ditambah dengan kebijakan pemerintah menaikkan cukai rokok 23 persen dan kenaikan harga eceran mendapai 35 persen pada tahun depan, dikatakan dapat menurunkan permintaan tembakau bentoel mencapai 2000 sampai 300 namun begitu, pihaknya tetap optimis terhadap pertumbuhan industri tersebut, termasuk telah dibukanya upaya ekspor tembakau oleh Bentoel.

Selain menjalin kemitraan dengan petani melalui pembekalan ilmu dan teknologi budidaya tembakau, Bentoel menjadi perusahaan dengan kuota pembelian terbanyak mencapai 24 persen dari jumlah target pembelian perusahaan di Lombok. selain itu, Bentoel juga konsen untuk menekan angka pekerja anak melalui berbagai program yang dilaksanakan wilayah petani binaan.