BPBD TINGKATKAN PELAYANAN PENYEDIAAN AIR BERSIH

BPBD TINGKATKAN PELAYANAN PENYEDIAAN AIR BERSIH

Terbitnya Surat Keputusan Bupati Lombok Timur, H.M. Sukiman Azmy menjadi regulasi atau dasar hukum Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Lombok Timur dalam penanganan kekeringan di Kabupaten LombokTtimur, menggandeng beberapa organisasi perangkat daerah juga dilakukan guna terpenuhinya ketersediaan air besih di beberapa wilayah terdampak.

Disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Lombok Timur Purnama Hadi, dari 21 jumlah kecamatan di Lombok Timur, tujuh kecamatan dinyatakan mengalami dampak kekeringan .Dengan tergabungnya beberapa OPD Kabuapeten Lombok Timur diharapkan akan mampu mengatasi krisis air besih yang dialami masyarakat terdampak.

Droping air dengan menggunakan bak atau ember penampungan yang dilakukan masyarakat dinilai tidak begitu optimal, sehingga perlu adanya tandon sebagai tempat penampungan air bersih ini, karena itu BPBD juga akan menempatkan tandon dengan kapasitas dua ribu lima ratus liter di beberapa titik, tidak kurang dari lima ratus buah tandon dipersiapkan BPBD yang akan diletakan di beberapa titik di tujuh kecamatan terdampak, droping air ini rencananya akan dimulai pada minggu depan.

Selain droping air bersih, BPBD juga akan mebuat sumur bor di wilayah terdampak yang dinilai memungkinkan memiliki air, hal ini dimaksudkan dalam upaya mengurangi dampak kekeringan di Kabupaten Lombok Timur