Tauladani Semangat Juang dan Nilai Kepahlawanan Veteran

Tauladani Semangat Juang dan Nilai Kepahlawanan Veteran

Bupati Lombok Timur, H.M Sukiman Azmy berharap generasi muda dapat mengambil tauladan dan inspirasi dari semangat juang dan nilai-nilai kepahlawanan para veteran yang dengan gigihnya berjuang untuk kemerdekaan Indonesia. Semangat dan keihlasan pejuang kemerdekaan ini hendaknya dapat ditanamkan pada generasi yang akan menjadi generasi penerus bangsa di masa mendatang.

Hal ini disampaikan Bupati saat menghadiri Peringatan Hari Veteran Nasional yang digelar Dewan Pimpinan Daerah Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Propinsi NTB yang dipusatkan di Kabupaten Lombok Timur senin (12/08).

Menurut Bupati ada 3 kategori pejuang ataupun veteran yakni pejuang kemerdekaan yang merupakan pejuang dengan segenap jiwa raganya berjuang untuk meraih kemerdekan Indonesia. Pejuang pembela kemerdekaan merupakan pejuang yang mempertahankan kemerdekaan Indonesia dan veteran pembela perdamaian dunia yang bertugas di negara-negara konflik dan utusan dari Dewan Keamanan PBB.

Pemda Kabupaten Lombok Timur memberikan perhatian kepada para veteran dengan mengalokasikan anggaran untuk membantu para veteran dengan memberikan bantuan Rp. 3 juta per orang setiap tahun. Dana tersebut dialokasikan melalui dana  hibah bagi organisasi veteran dengan nilai sekitar Rp. 551 Juta lebih. Ke depan veteran pembela perdamaian juga diupayakan akan mendapat perhatian yang sama.  

Hal senada disampaikan Ketua DPD LVRI NTB, H. Abdul Kadir. Salah satu tugas dari Veteran diantaranya menanamkan nilai-nilai perjuangan dan mensosialisasikan semangat perjuangan kepada generasi muda saat ini. Tema yang diipilih dalam peringatan Hari Veteran Nasional tahun 2019 menurut mantan Bupati Lombok Timur 1988-1993, LVRI bersama Pemerintah dan Masyarakat siap melanjutkan pewarisan nilai-nilai kejuangan 45’ kepada generasi penerus bangsa, sangat tepat dengan kondisi sekarang ini.

Meski usia tidak muda, namun diharapkan kepada para veteran dapat menyumbangkan pemikiran untuk membangun Daerah, Negara dan Bangsa tercinta. “Tetaplah aktif dan semangat agar hidup lebih bermakna” tutupnya.

Kegiatan yang berlangsung di Ball Room Kantor Bupati Lombok Timur dihadiri oleh anggota  Forkopimda Provinsi NTB dan Kabupaten Lombok Timur, Ketua DPRD Lombok Timur, Kepala OPD dan Camat, serta anggota LVRI se-pulau Lombok juga diisi dengan pemotongan tumpeng yang dilakukan Ketua DPD LVRI NTB yang kemudian diserahkan kepada 3 orang veteran yang pernah bertugas di menjaga perdamaian Dewan Keamanan PBB.