BUPATI LOTIM BUKA LOKAKARYA PEMANFAATAN DATA KEPENDUDUKAN

BUPATI LOTIM BUKA LOKAKARYA PEMANFAATAN DATA KEPENDUDUKAN

Bupati Lombok Timur, H.M. Sukiman Azmy membuka secara resmi lokakarya pemanfaatan data kependudukan untuk peningkatan kualitas pelayanan dasar di Kabupaten Lombok Timur yang digelar Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lombok Timur bekerjasama dengan KOMPAK NTB, (17/7).

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan pihaknya menaruh perhatian besar terhadap data kependudukan, mengingat arti penting data kependudukan sebagai identitas tunggal yang bisa dimanfaatkan untuk semua sektor pelayanan. Bupati mencontohkan bagaimana negara-negara maju memanfaatkan identitas kependudukan dengan mengterintegrasikannya dengan semua layanan seperti, rekening bank, listrik, asuransi, jaminan sosial dll. Diharapkannya ke depan Indonesia  bisa melakukan hal serupa. Penyempurnaan data kependudukan yang dilakukan saat ini dinilai menjadi titik awal mewujudkan hal tersebut.

Sukiman juga menyebut langkah yang dilakukan Lombok Timur dengan membentuk UPT Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil sebagai upaya meningkatkan layanan dan memudahkan masyarakat mengurus administrasi kependudukan. Ke depan dari 10 UPT yang telah dibentuk akan ditambah menjadi 21 UPT sesuai dengan jumlah kecamatan di Lombok Timur. 

Untuk itulah ia meminta para petugas UPT memberikan pelayanan terbaik dengan penuh keihlasan serta memudahkan aspek pelayanan kepada masyarakat. 

Bupati juga memberikan apresiasi kepada Kompak NTB yang mefasilitasi terlaksananya lokakarya. Bupati juga memberikan apresiasi pada  jajaran Universitas Mataram, Universitas Hamzanwadi dan Universitas Gunung Rinjani yang menempatkan KKN tematik untuk membantu terkait data kependudukan.

Senada,manajer KOMPAK NTB, L. Anja Kusuma, menilai Pemda Kabupaten Lombok Timur memiliki komitmen kuat untuk pembenahan pelayanan Administrasi kependudukan. Bahkan di NTB hanya Kabupaten Lombok Timur dan Kabupaten Bima yang telah membentuk UPT Dukcapil. Belum lagi sejumlah layanan berbasis online yang diinisiasi oleh Dinas Dukcapil Lombok Timur seperti Bikin Akta Kelahiran Secara Online (BAKSO) yang memberikan kemudahan pada masyarakat untuk mengurus Akta Kelahiran secara online.    

Sementara itu dalam laporannya Kepala Dinas Dukcapil Lombok Timur, H. Sateriadi menyampaikan, Lokakarya yang berlangsung selama dua hari  (17-18 Juli) bertujuan memetakan data-data yang  berpeluang dapat dimanfaatkan oleh Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Sosial dan BAPPEDA sebagai basis perencanaan Pembangunan Daerah.  Langkah ini sekaligus menemukan rumusan  mekanisme dalam  mengkonsolidasikan data-data tersebut dengan OPD terkait.

Lokakarya yang bertempat di Ballroom Kantor Bupati Lombok Timur diikuti unsur OPD Kabupaten, Kecamatan, Puskesmas, UPTD Pendidikan, UPTD Dukcapil, UPT-Penanggulangan Kemiskinan, Fasilitator dan Operator SLRT, SIG NG, SID dan Perguruan Tinggi. Pada kesempatan tersebut dilakukan Penandatanganan Kesepakatan Kerjasama antara Pemda Lombok Timur yang diwakili Kepala Dinas Dukcapil Lombok Timur dengan Perguruan Tinggi yakni UNRAM, UGR dan Universitas Hamzanwadi untuk KKN Tematik Adminduk di Kabupaten Lombok Timur yang ditempatkan di Kecamatan Aikmel, Lenek,  Terara, Sembalun,  Sambalia, dan Kecamatan Pringgabaya.