Pj. Bupati Lantik Pj. Kades

Pj. Bupati Lantik Pj. Kades

Selong, Penjabat (Pj.) Bupati Lombok Timur H. Muhammad Juaini Taofik melantik dan mengambil sumpah 90 orang Pj. Kepala Desa di Lombok Timur. Pelantikan yang berlangsung Senin (12/2) tersebut menyusul pemberhentian 89 kepala desa yang berakhir masa jabatannya 8 Februari dan pemberhentian Pj. Kepala desa Sukarema, Kecamatan Lenek pada 1 Februari lalu.

Pj. Bupati mengingatkan tugas pertama para Pj. Kepala Desa adalah menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2024. Ia pun merinci pentingnya memastikan seluruh alat peraga kampanye (APK) sudah dibersihkan, logistik sampai, tempat pemungutan suara (TPS) berdiri,  dan pada hari-H masyarakat datang ke TPS, “..APK harus bersih, logistik harus dipastikan sampai, TPS harus dipastikan berdiri,” terangnya, “lanjutkan proses yang sudah ada,” tambahnya.

Disampaikannya salah satu tantangan pelaksanaan Pemilu adalah cuaca. Karena itu penggunaan bangunan sekolah sebagai TPS menjadi salah satu solusi. Dari 4.010 TPS yang ada di Lombok Timur 585 TPS menempati sekolah.

Sementara terkait pengelolaan keuangan desa ia mengingatkan agar senantiasa berkonsultasi dengan seluruh pemangku kepentingan, termasuk Camat dan OPD terkait, dan tetap menjaga akuntabilitas.

Ia pun berharap para Pj. Kades dapat mewujudkan berbagai target mereka pada saat berada di jabatan sebelumnya. Pj. Kades ini berasal dari berbagai latar belakang seperti UPTD Pendidikan, Dinas Kesehatan, Penyuluh Lapangan Pertanian, di samping latar belakang lainnya.