Mata untuk Produktivitas

Mata untuk Produktivitas

Selong, Menceritakan pengalaman terkait dengan mata, Bupati Lombok Timur H.M. Sukiman Azmy mengingatkan pentingnya peran mata dalam kehidupan sehari-hari dan dampak positif pasca operasi mata. Pengalaman dengan dua anggota keluarga yaitu putra dan orang tua (Ummi) yang dapat beribadah dan lebih produktif usai menjalani operasi mata tersebut, disampaikan Bupati di hadapan warga Lombok Timur yang akan mengikuti operasi katarak di RSUD Lombok Timur, Labuhan Haji pada Sabtu (16/7).

Karena itu, Bupati menyampaikan terima kasihnya kepada RS Mata Provinsi NTB dan BCA Kantor Cabang Utama Cakranegara yang menggelar bakti sosial selama dua hari di Lombok Timur. Mengingat jumlah masyarakat Lombok Timur yang menderita kebutaan akibat katarak ini cukup banyak, Bupati berharap seluruhnya dapat segera tertangani. Pemda akan berupaya menjalin kerja sama dengan berbagai pihak untuk keperluan tersebut.

Kepada masyarakat yang mengikuti bakti sosial ini Bupati berharap agar tidak perlu cemas akan dampak dan proses yang dijalani pada operasi tersebut. Ia berharap dengan operasi ini masyarakat dapat beraktivitas dengan lebih baik, serta mendukung perkonomian mereka.

Hal tersebut juga menjadi harapan pihak BCA KCU Cakranegara Indrawanto Sahama. Di samping mengapresiasi dukungan Pemda Kabupaten Lombok Timur bersama RSU Lombok Timur, hingga jajaran Puskesmas, ia berharap operasi ini dapat mendukung peningkatan produktivitas masyarakat.

Sementara itu Direktur RS Mata provinsi NTB Sriana Wulansari dalam laporannya menyampaikan target masyarakat yang akan dioperasi adalah 300 orang selama dua hari. Pada hari pertama (Jumat) telah dioperasi 99 orang, kendati yang datang jumlahnya mencapai lebih dari 100 orang. Hal tersebut, jelasnya, karena kondisi kesehatan mereka yang belum memungkinkan untuk dilaksanakan operasi. Karena itu pada hari kedua  ini ditarget akan bisa melaksanakan operasi terhadap 201 orang pasien.

Sedikitnya 600 orang masyarakat Lombok Timur yang telah terjaring melalui aplikasi screening on cataract (serioc) milik RS Mata provini NTB. Akan tetapi yang bisa ditangani pada bakti sosial kali ini hanya 300 orang, sisanya diharapkan dapat ditangani melalui kegiatan lainnya, salah satunya dijadwalkan pada akhir Juli mendatang bekerja sama dengan Kementerian Sosial RI.

Bupati bersama sejumlah undangan seperti Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB dan Kepala Dinas Kesehatan Lombok Timur juga berkesempatan menyaksikan proses operasi yang berlangsung di RSUD Lombok Timur itu.