Bupati Ajak Masyarakat Hidup Sehat

Bupati Ajak Masyarakat Hidup Sehat

Selong, Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur sudah memiliki Peraturan Daerah (Perda) No. 10 tahun 2015 tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR). Perda ini  bahkan sudah diimplementasikan di sejumlah desa seperti Aikmel Utara. Sayangnya penerapan Perda tersebut belum optimal. Masih ditemui orang yang merokok di kawasan tanpa rokok. Bahkan di sejumlah tempat masih dijumpai orang-orang yang merokok di ruangan, bahkan di tempat umum.

Kritik tersebut disampaikan Bupati Lombok Timur H.M. Sukiman Azmy pada kegiatan Kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang berlangsung Jumat (31/12) di Lapangan Tugu Selong.

Menurut Bupati hal tersebut dilakukan karena masih kurangnya pemahamam tentang hidup sehat. Karena itu diingatkannya  agar masyarakat tidak merokok di tempat publik,. “Merokok itu berbahaya, kalau hanya untuk kepentingan sendiri, untuk dikonsumsi sendiri, silakan. Tetapi kalau sudah merokok di tempat terbuka, di tempat umum pasti akan berdampak negatif bagi orang yang tidak merokok terutama bagi yang mennghirup asap rokok,” jelasnya.

Bupati juga mengingatkan Perda KTR dengan denda maksimal Rp.50 juta yang belum diterapkan. Kampanye Germas yang dilaksanakan diharapkan menjadi pengingat agar masyarakat dapat kembali menerapkan hidup sehat, termasuk terkait rokok. Germas dinilai sebagai langkah efektif mencegah penyakit generatif.

Apalagi Pemerintah juga sudah memfasilitasi pelaksanaan Germas, diantaranya melalui penyediaan ruang terbuka hijau sebagai ruang publik dan kawasan bebas kendaraan bermotor, walaupun masih secara terbatas di akhir pekan.

Bupati juga mengimbau agar sosialisasi Germas dapat dilakukan secara berkelanjutan dan digaungkan hingga tingkat kecamatan, desa, dan keluarga.

Saat ini dari 10 penyakit paling banyak diderita masyarakat masih didominasi penyakit generatif atau penyakit yang berkaitan dengan usia maupun gaya hidup seperti ginjal, hipertensi, jantung, kanker, hingga diabetes mellitus. Gaya hidup tidak sehat seperti tidak makan dengan gizi seimbang, merokok, kurang olahraga, serta kebiasaan tidak sehat lainnya adalah penyebab. Padahal penyakit generatif ini merupakan penyebab pertama kematian serta menyedot dana kesehatan yang cukup besar.

Acara yang berlangsung di Lapangan Tugu Selong tersebut diisi senam jantung sehat. Sekda, Pimpinan OPD, dan masyarakat sekitar mengikuti kegiatan tersebut.