Bupati: PKK Terus Dorong Pemberdayaan Perempuan

Bupati: PKK Terus Dorong Pemberdayaan Perempuan

Selong, Selama dua hari ke depan (Sabtu-Ahad) tim penggerak PKK kabupaten Lombok Timur menyelenggarakan kegiatan temu kader tingkat kabupaten. Kegiatan yang diikuti oleh 42 orang kader tersebut bertujuan meningkatkan kapasitas kader dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

 Menjalin persahabatan antar kader dengan membentuk jejaring sampai di akar rumput, menjadi tujuan lain di samping meningkatkan partisipasi dan keterampilan, meningkatkan kemampuan dan ketangguhan  menyikapi permasalahan sosial, serta membentuk kader militan yang peka terhadap lingkungan sosialnya.

Bupati Lombok Timur H. M. Sukiman Azmy  yang hadir sekaligus membuka acara tersebut menyampaikan bahwa peningkatan kapasitas kader tim penggerak PKK tersebut sangat relevan, mengingat PKK merupakan motor penggerak pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga. Dalam setiap kegiatannya, PKK selalu akan berhadapan dan berinteraksi dengan para perempuan dan ibu.

Bupati berharap PKK dapat terus mendorong pemberdayaan perempuan, sebab, perempuan yang berdaya akan mampu meningkatkan kesejahteraan keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara.

Mengacu RPJMD Kabupaten Lombok Timur tahun 2018/2023 bahwa salah satu hal yang harus dipenuhi dan dilaksanakan adalah memperkuat pemberdayaan perempuan dalam pembangunan sosial politik, pencegahan KDRT dan perlindungan anak, serta meningkatkan pembinaan kepemudaan dan olahraga. “Hal ini menuntut kerja keras kita semua, karena ibu-ibu akan berhadapan langsung dengan berbagai macam penyakit masyarakat yang ada di daerah kita, baik dari aspek pendidikan, kesehatan maupun  peningkatan pendapatan masyarakat,” ungkapnya.

Bupati Sukiman menyampaikan apresiasinya kepada tim penggerak PKK yang telah berikhtiar membantu pemerintah daerah  mengatasi berbagai persoalan masyarakat di lapangan. Bupati berharap sinergi Pemda dan TP PKK dapat terus berlanjut dan semakin meningkat di berbagai bidang tugas PKK.  

Sementara itu, ketua panitia Hj Sopiati Jamila menyampaikan bahwa peningkatan kapasitas kader tersebut sangat diperlukan untuk pengembangan wawasan dan potensi dalam membentuk pola pikir, membangun jiwa yang berperikemanusiaan dan membangun jiwa sosial yang tinggi.

Pembukaan kegiatan yang berlangsung Sabtu (25/12) di Pendopo Bupati tersebut ditandai penyematan pin peserta oleh Ketua Tim Penggerak PKK Hj. Hartatik Sukiman Azmy didampingi Bupati Lombok Timur Sukiman Azmy.