63 Tahun NTB Maju dan Terdepan dalam Prestasi

63 Tahun NTB Maju dan Terdepan dalam Prestasi

Selong, Provinsi Nusa Tenggara Barat 17 desember ini menapaki usia ke-63 tahun. Hari jadi tahun 2021 tersebut diperingati dengan upacara serentak di masing-masing kabupaten yang ada di Provinsi NTB, salah satunya adalah Kabupaten Lombok Timur yang berlangsung di Halaman Kantor Bupati.

Pada amanat Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah  yang dibacakan Sekretaris Daerah M. Juaini Taofik disampaikan bahwa suksesnya IATC dan WSBK yang dihelat November lalu merupakan kerja keras, inovasi, dan kreativitas semua pihak. Kedua event tersebut berhasil menciptakan peluang emas bagi UMKM lokal.

Karena itu pula Moto GP yang akan digelar awal tahun 2022 mendatang diharapkan dapat dipersiapkan dengan serius dan matang, mengingat Provinsi NTB pada perhelatan tersebut akan menjadi sorotan dunia Internasional dengan skala yang lebih besar dari sebelumnya.

Selain itu berbagai prestasi juga ditorehkan provinsi NTB. Di antaranya peringkat ke-3 nasional kategori pemerintah provinsi sebagai badan publik informatif, Indeks Kebebasan Pers (IKP) naik ke peringkat 12, serta masuk nominasi daerah terbaik dalam Innovative Government Award (IGA) yang hasilnya akan segera diumumkan. Prestasi gemilang pun diraih oleh Provinsi NTB di bidang olahraga. NTB meraih 11 Medali Emas, 13 Medali Perak, 12 Medali Perunggu dan berada pada posisi 9 secara nasional.  Diharapkan raihan medali dapat menjadi modal untuk pengajuan sebagai tuan rumah pada ajang PON tahun 2028 mendatang.

Dipaparkan pula sejumlah program sejalan visi misi Prov NTB, “Membangun NTB yang Gemilang,” seperti industrialisasi sebagai salah satu program prioritas dalam mendorong kemajuan pembangunan daerah. Kehadiran STIPARK Banyumulek dan Sumbawa Tecknopark, serta tumbuhnya sektor IKM dan UMKM adalah wujud nyata upaya tersebut.  Di samping itu Pemprov NTB terus mendorong lahirnya sepeda motor listrik, mesin-mesin industri dan berbagai inovasi tekhnologi yang tidak hanya melibatkan kalangan komunitas tapi juga kalangan pelajar SMK dan Universitas.

Lebih lanjut, disampaikan pula bahwa sembilan kabupaten/kota di kawasan Provinsi NTB yang tengah mempersiapkan agenda pembangunan dan investasi berskala besar, salah satunya adalah kabupaten Lombok Timur. Lombok Timur tengah mempersiapkan target investasi senilai lebih dari Rp.13 triliun dalam wujud pembangunan PLTB berkapasitas 115 megawatt yang selaras dengan program NTB hijau dan mendukung pengembangan sektor pariwisata di NTB.

Upacara yang berlangsung di halaman Kantor Bupati Lombok Timur diikuti oleh ASN serta dihadiri Forkopimda, ketua dan wakil ketua DPRD, Pimpinan BUMD dan BUMN, organisasi kewanitaan, Pimpinan OPD, serta Camat serta tokoh Lombok Timur.