Inspirasi dari Nilai Kepahlawanan

Inspirasi dari Nilai Kepahlawanan

Selong, Nilai-nilai kepahlawanan diharapkan menjadi sumber inspirasi bagi bangsa Indonesia untuk keluar dari kemiskinan dan kebodohan. Ini sejalan pula dengan tema peringatan Hari Pahlawan tahun 2021: “Pahlawanku Inspirasiku”.

Hal tersebut menjadi salah satu penekanan Menteri Sosial RI Tri Rismaharini dalam amanatnya pada upacara peringatan hari pahlawan tahun ini. Amanat tersebut dibacakan Bupati Lombok Timur H. M. Sukiman Azmy selaku inspektur upacara pada upacara peringatan hari pahlawan tingkat kabupaten Lombok Timur. Upacara tersebut berlangsung di halaman Kantor Bupati Lombok Timur.

Sejalan dengan tema peringatan tahun 2021, bangsa Indonesia diharapkan memiliki semangat dan tekad yang kuat seperti para pahlawan yang telah gugur, serta menjadikan pahlawan sebagai sumber inspirasi mengemban misi bersejarah untuk bisa keluar dari kemiskinan dan kebodohan. Mengingat Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah, tentunya didukung kerja keras, kreatifitas, serta jiwa pantang menyerah.

Diingatkannya pula agar segenap bangsa ini bersiap menghadapi  bonus demografi. Disebutkan bahwa bonus demografi yang menyebabkan jumlah usia produktif lebih besar menjadi modal untuk kemajuan. Akan tetapi harus disadari pula besarnya jumlah usia produktif tersebut harus ditopang dengan lapangan kerja yang memadai. Karenanya penting untuk mengantisipasi hal itu secara cerdas dan persiapan seksama.  

Salah satu upaya Kementerian Sosial adalah dengan memberikan kesempatan bagi keluarga penerima bansos yang berusia muda untuk keluar dari kemiskinan melalui program graduasi. Program ini dilaksakan melalui pendidikan vokasi, memanfaatkan peluang  meningkatkan kemampuan hidup dan menciptakan sebuah peluang lewat minat dan bakat.

Kepada seluruh anak Indonesia Menteri Risma berpesan agar mengembangkan talenta yang dimiliki, tidak mudah menyerah dan putus asa, serta tetap bekerja keras. Anak-anak Indonesia menurutnya harus mampu memahami dan menghormati kesepakatan bersama, serta mengemban nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945, memahami Bhineka Tunggal Ika, dan menjaga persatuan dan kesatuan NKRI.

Pada upacara tersebut dibacakan pula sejumlah pesan dari para pahlawan nasional seperti Abdul Muis, Ki Hajar Dewantara, Tjut Nyak Dien, hingga Ir. Soekarno.

Acara tersebut dirangkaikan dengan penyerahan secara simbolis bantuan speed boat/kapal cepat dibarengi penandatanganan berita acara serah terima  oleh Bupati Lombok Timur kepada Ketua Komite SDN – SMPN SATAP 5 Jerowaru, Ketua Komite SDN-SMPN SATAP 1 Keruak, Ketua BUMDes Beriuk Maju Desa Sugian, dan Ketua BUMDes Buana Gemilang Desa Ekas Buana.