Masjid sebagai Pusat Kegiatan Masyarakat

Masjid sebagai Pusat Kegiatan Masyarakat

Selong, Bupati Lombok Timur H. M. Sukiman Azmy menghadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw. pada Selasa (2/11). Peringatan Maulid di Masjid As-Shobirin, Lingkungan Mekarsari, Kelurahan Sekarteja, Kecamatan Selong dirangkaikan dengan peletakan batu pertama renovasi masjid tersebut.

Bupati menyampaikan selamat kepada jamaah Masjid As-Shobirin, Sekarteja atas upaya renovasi tersebut. Bupati mengapresiasi semangat masyarakat setempat meningkatkan kualitas dan fungsi bangunan yang semula merupakan mushala tersebut. Terlebih di tengah kondisi saat ini di mana pandemi masih terjadi dan perekonomian belum pulih sedia kala. Bupati berharap semangat tersebut dapat terus dijaga sebagai peluang amal jariah sampai tuntasnya pembangunan masjid ini.

Bupati juga mengajak jamaah Masjid As-Sobirin menapaktilasi perjalanan hidup Rasulullah, termasuk membangun masjid sebagai bagian dari penyebaran ajaran islam. Bupati mengingatkan posisi masjid dalam kehidupan umat islam, yaitu sebagai pusat kegiatan, baik yang bersifat dunia maupun akhirat.

Mengingat peran sentral masjid tersebut, ungkap Bupati, Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur memberikan insentif kepada guru ngaji yang mengajar di masjid. Hal ini sebagai penghargaan karena telah menghidupkan masjid.

Bupati mengingatkan pula jamaah setempat untuk memaksimalkan fungsi masjid, termasuk dalam pelaksanaan shalat berjamaah. Momen peringatan maulid ini diharapkan menjadi titik tolak perbaikan sikap dan perilaku sesuai teladan Rasulullah SAW.

Masjid As-Shobirin saat ini dimanfaatkan warga sekitar, tidak hanya untuk shalat berjamaah tetapi juga kegiatan lainnya yang terkait dengan kemaslahatan umat. Pembangunan masjid ini direncanakan seluas 13 X 20 m2 dengan estimiasi biaya mencapai lebih dari Rp. 984 juta yang bersumber dari warga. Direncanakan masjid ini dapat tuntas dalam tiga tahun ke depan.