Mensos Kunjungi Lombok Timur

Mensos Kunjungi Lombok Timur

Selong, Menteri Sosial RI Tri Risma Harini melakukan kunjungan kerja di Nusa Tenggara Barat selama dua hari (13-14 Oktober). Menteri Risma mengawali kunjungannya di Kabupaten Lombok Timur. Bupati Lombok Timur H.M. Sukiman Azmy menerima Risma dan rombongan di Green Ory Inn Tetebatu Selatan.

Bupati pada kesempatan tersebut menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan kepada masyarakat Lombok Timur. Ia bahkan sempat mengingatkan kunjungan Risma ke Lombok Timur pada saat masih menjabat Walikota Surabaya guna memberikan bantuan pembangunan gedung sekolah dan perlengkapannya di wilayah terdampak gempa tahun 2019 lalu.

Bupati Sukiman berharap kunjungan Risma yang didampingi anggota DPR RI rahmat Hidayat serta DPD RI Evi Apita Maya ini mendatangkan lebih banyak lagi bantuan bagi masyarakat Lombok Timur.

Kunjungan kerja ini ditujukan memperkuat pemberdayaan kelompok marjinal dan menyalurkan bantuan bagi penyandang difabel, anak yatim, dan yatim piatu, serta lansia. Jenis bantuan di antaranya bantuan aksesibilitas, bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI), bantuan nutrisi dan vitamin, dan bantuan kewirausahaan. Risma menyerahkan bantuan senilai Rp. 493 juta lebih kepada 229 penerima manfaat. Di samping itu diserahkan pula bantuan bagi KPM Program Keluarga Harapan (PKH) graduasi sebanyak 5 orang dengan nilai Rp. 2,5 juta per-orang. Bantuan diberikan dalam bentuk paket sembako dan bantuan peralatan kerja.

Saat memberikan bantuan Risma memotivasi para penerima agar menjadi lebih berdaya demi meningkatkan kemandirian ekonomi. Dengan begitu dapat mempercepat penanganan kemiskinan di daerah ini.

Selain penyaluran bantuan, Mensos juga memimpin kegiatan evaluasi mekanisme penyaluran bansos dan pemadanan data Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)/Kartu Sembako. Kepada pendamping PKH Risma menekankan pentingnya melayani masyarakat dengan sebaik mungkin. Sementara kepada bank penyalur Risma meminta agar memudahkan masyarakat dalam pencairan bansos, seperti mengunjungi KPM lansia untuk pencairan sehingga penyaluran dapat dilakukan setiap bulan.